deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Merapi Via New Selo Boyolali Jawa Tengah

Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.968 mdpl tereletak dianatar 2 provinsi yaitu di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merapi ini memang terkenal Gunung yang paling aktif di Indonesia dan masuk kedalam salah satu Gunung Berapi terganas di Indonesia. Walaupun terkenal dengan keganasannya Gunung Merapi ini tidak pernah sepi dari aktifitas para pendaki. Untuk mendaki Gunung Merapi di Jawa Tengah ini kita bisa melewati beberapa jalur pendakian diantaranya jalur Selo Boyolali yang berada ditengah tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga tidak heran kalau jalur Selo ini selalu ramai oleh para pendaki yang ingin mendaki Gunung Merapi maupun Gunung Merbabu.
Merapi ini tidak pernah sepi dari aktifitas para pendaki. Untuk mendaki Gunung Merapi di Jawa Tengah ini kita bisa melewati beberapa jalur pendakian diantaranya jalur Selo Boyolali yang berada ditengah tengah antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga tidak heran kalau jalur Selo ini selalu ramai oleh para pendaki yang ingin mendaki Gunung Merapi maupun Gunung Merbabu

Rute

Semua kota - Boyolali (Jawa Tengah) - Desa Selo

Bila dari Yogyakarta untuk  mencapi Desa Selo kita bisa menggunakan kendaraan umum menuju Magelang ataupun Solo. Bilaingin menuju solo ada terdapat beberapa Transportasi yang dapat digunakan baik menggunakan Kereta maupun Bus, setelah sampai Solo kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Terminal Boyolali maupun langsung Menuju Desa Selo.

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos I Tugu
Dari Basecamp menuju pos Tugu jalur didominasi oleh perkebunan warga dengan kondisi jalur tanah dan bebatuan kecil sehingg bila  musim kemarau jalur akan sedikit berdebu, sebelum pos I Tugu kta akan banyak menemui persimpangan sehingga akan sedikit membingungkan, namaun anda jangan khawatir bila di pagi hari kita bisa bertanya pada para petani yang yang sedang menggarap perkebunan. Pos I ditandai dengan adanya sebuah Tugu  dengann ketinggian sekitar 1,5 m.

Pos I Tugu - Pos Tugu II 
Dari pos I perjalanan dilanjutkan menuju pos II dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 2 jam. Menuju pos II kita kan dihadapkan dengan jaur yang cukup curam ekstrim dan penuh bebatuan. Pos II ditandangi dengan sebuah tugu sama seperti Pos I

Pos Tugu II - Pasar Buburah 
Dari Pos Tugu II menuju Pasar Bubrah jalur yang kita hadapi hampir sama dengan jalur sebelumnya, diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke Pasar Bubrah dari Pos Tugu II. Diperjalanan kita akan menemukan beerapa memoriam yang menandakan bahwa kita sudah dekat dengan Pasar Bubrah. Dari sini kita tinggal berjalan turun menuju sebuah lembah yang dipenuhi dengan batu-batu yang berserakan disitulah letak Pasar Bubrah.

Baca Juga : Tips Mudah Mendaki Gunung Merapi

Pasar Bubrah - Puncak
Dari Pasar Bubrah kita akan menemui 2 jalur kekiri menuju Kawah Waro dan dihadapan kita adalah jalur menuju puncak Gunung Merapi. Untuk menuju Puncak dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jalur berpasir, berbatu dan menanjak curam. Berhati-hatilah saat mendaki puncak merapi karena longsoran batu bisa saja terjadi kapan saja. Suasan puncak merapi sangat ini menakjubkan, indah namun sangat mengerikan. 

Total Pendakian

Perjalanan dari Basecamp menuju Puncak Gunung merapi adalah sekitar 4-5 jam 



sumber : 
http://www.catatanhariankeong.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-merapi.html
ejiebelula.wordpress.com

Related : Jalur Pendakian Gunung Merapi Via New Selo Boyolali Jawa Tengah

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Merapi Via New Selo Boyolali Jawa Tengah "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan