deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci Tegal Jawa Tengah

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci Tegal
Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci merupakan Jalur pendakian dimana kita harus melewati objek wisata terlebih dahulu yaitu objek wisata pemandian air panas Guci. Di area tempat wisata Guci ini juga terdapat beberapa hotel dan juga villa yang dapat anda gunakan untuk beristirahat. Sebenarnya selain melewati Jalur Guci terdapat beberapa alternatif lain yaitu
  1. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan Purbalingga
  2. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas Berebes
  3. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaligua Bumiayu
  4. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Dukuhliwung Tegal
  5. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Baturaden Purwokerto
Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci

Rute

Semua Kota - Tegal (Jawa Tengah) - Moga - Guci

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1
Setelah mendaftar di basecamp Jalur Pendakian Guci pertama anda harus  mencari jalur menuju bumi perkemahan  kemudian memasuk jalan kecil yang berbatu dengan hutan cemara yang berada di sela-sela perkebunan. Anda juga akan menemukan sebuah pertigaan yang pertama berjalanan lurus dan jangan berbelok. Setelah itu anda akan menemukan Pertigaan kedua berbeloklah ke kanan pada pertigaan ini. Setelah itu anda akan menemukan sungai yang sangat deras berbeloklah ke arah kiri setelah berbelok anda akan menemukan jalur yang sudah berupa aspal dan menanjak. Untuk mencapai pos satu dari base camp dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Pos 1 - Pos 2
Menuju Pos 2 Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci anda akan mulai memasuki kawasan hutan yang sangat lebat dengan jalur yang lumayan licin apalagi ketika musim hujan. dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai Pos 2 dari Pos 1.

Pos 2 - Pos 3
Selanjutnya menuju Pos 3 Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci jalur lumayan agak landai namun tetap menanjak dengan melewati beberapa semak belukar yang cukup tinggi dibutuhkan waktu sekitar 1 jam menuju Pos 3 dari pos 2. Pos 3 merupakan sebuah tanah datar yang cukup luas

Pos 3 - Pos 4
Setelah melewati pos 3 Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci anda harus menuju pos 4 dimana jalur akan semakin berat dengan pemandangan hutan yang masih lebat dan melewati beberapa pohon perdu.

Pos 4 - Pos 5
Menuju Pos 5 Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci kita akan melewati beberapa pohon tumbang maka dari itu tidak heran jika anda harus berjalan merangkak untuk melewatinya. Disini juga terdapat sebuah bangunan yang dapat diguakan pendaki untuk beristirahat maupun bermalam. selain itu disini juga terdapat sumber air namun untuk mengambilnya anda harus berjalan melewati jalur yang menurun dan sangat curam. untuk mencapai pos 5 dari pos 4 dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Pos 5 - Batas Vegetasi
Menuju batas vegetasi anda tidak perlu berjalan diantar hutan yang lebat lagi karena hutan mulai sedikit agak terbuka dibutuhkan waktus sekitar 1 jam dari pos 5. Disini juga terdapat area tanah datar yang dapat digunakan untuk membuat tenda sebelum mendaki ke puncak.

Batas Vegetasi - Puncak Gunung Selamet
Menuju puncak kita akan melewati jalur berpasir dan menanjak dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam. Berhati-hatilah jika berada di jalur ini karena pada saat kondisi berkabut jalur akan semakin sulit dan membingungkan maka dari itu tinggalkanlah jejak untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Puncak Slamet - Puncak Surono (Puncak Tertinggi Gunung Slamet)
Setelah sampai di puncak Gunung Slamet jangan sekali-kali untuk berbelok ke kanan karena jika ke kanan terdapat pasir yang labil dan akan bergerak ketika tertiup angin. Berbeloklah ke arah kiri dan anada akan mnemukan kawah Gunung Selamet yang sangat besar berjalanlah terus ke arah kiri maka anda akan sampai di kawah Gunung Slamet. Setelah itu anda harus kembali memanjat jalur yang sangat curam untuk menuju puncak surono. Untuk sampai ke puncak ini sebaiknya ditemani orang yang sudah mendaki Gunung slamet karena perjaanan akan sangat berbahaya. Di puncak Surono anda akan menemukan sebuah makam bernama Surono dimana beliau ketika itu jatuh ke jurang saat mengambil gambar.

Referensi

Related : Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci Tegal Jawa Tengah

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci Tegal Jawa Tengah "