deskripsi gambar

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung tipe Dormant yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Dengan ketinggian 2.821 meter di atas permukaan lautmenempatkan  gunung cikuray sebagai gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung Cilawu.
Jalur Pendakian gunung cikuray
penampakan gunung cikuray [photo by poskotanews.com]

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju beberapa jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Cilawu Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang berbeda dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Jika anda bukan warga Jabar, mendaki Cikurai mesti satu paket dengan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Keduanya menawarkan medan pendakian yang menarik.

Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TV Nasional. Gunung Cikurai mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

Flora dan Faunia
Menurut beberapa informasi dari warga sekitar terdapat beberapa hewan yang hidup di gunung cikuray diantarnya macan tutul, ular sanca batik, burung haur, dan yang paling menggerkan adalh penemuan burung merak. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan di kawasan hutan Gunung Cikuray, ditemukan pendugaan populasi burung merak hijau berjumlah 13 ekor dengan kepadatan populasinya 3 individu/ha. Hal ini sangat dipengaruhi adanya penjarahan kayu pinus dan perambahan lahan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk bercocok tanam.

Jumlah burung merak yang berada di hutan pinus berjumlah 4 ekor, dengan ketinggian 1600 mdpl, ini dikarenakan jumlah pakan yang sedikit dan vegetasi tumbuhan bawah yang tebal di dominasi oleh Tembelekan (Lantana camara) dimana tumbuh mencapai 1- 2 m dan memiliki percabangan yang banyak dan lebar sehingga timbul persaingan antar vegetasi yang kuat. Sedangkan di lahan pertanian jumlah merak mencapai 8 ekor ini di sebabkan variasi pakan yang tersedia dan banyak. Untuk hutan alam di jumpai satu ekor burung merak haya terdengar suara, berarti aktifitas ada tetapi tidak sepenuhnya berada di hutan alam dimana vegetasi tumbuhan bawah sangatlah jarang sehingga ketersediaan pakan sangat tidak mencukupi. .

Nama: Gunung Cikuray
Ketinggian: 2.821 mdpl
Lokasi Administratif : Kec. Cilawu, Kec. Bayongbong, Kec. Cikajang.  Kab. Garut, Jawa Barat
Poisi Geografis : 7° 19′ 11.67″, 107° 51′ 39.07″
Ketinggian : 2821 mdpl, 2105 m diatas dataran kota Garut
Tipe Gunung Api : Dormant
Pos Pengamatan : Tidak ada, ada Stasiun Pemancar TV Swasta (1450 mdpl
Website: http://www.garutkab.go.id
Spot alam: Hutan, Bukit,
Sumber air: biasanya pada awal pos pertama tiap-tiap jalur pendakian (ladang warga)
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna: Babi Hutan, Macan tutul, Ular sanca batik, Beberapa jenis burung (Haur, merak, ciung, dll )
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.
Puncak: Puncak Cikuray/ shelter cikuray (2.821 mdpl)
Kawah: –
View gunung lain dari puncak: Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Ciremai, Gunung Galunggung



Sumber referensi
Wikipedia.co.id
http://jelajahgarut.com/gunung-cikuray-atap-bumi-priangan/
http://infopendaki.com/gunung-cikuray/
http://bumiku-menangis.blogspot.co.id/2009/04/populasi-burung-merak-di-gunung-cikuray.html

Related : Gunung Cikuray

0 Response to " Gunung Cikuray "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan