deskripsi gambar

Teknik Mendapatkan Air Bila Tersesat di Gunung atau Hutan

Bagaimana cara mendapatkan air bila kita tersesat di gunung atau di hutan ??? Bagi seorang pertualang atau pendaki gunung cara mendapatkan air saat kita tersesat seharunya bukanlah suatu pertanyaan lagi, karena seorang petualang atau pendaki gunung wajib mengetahui teknik-teknik dasar dasar dalam survival seperti cara mendapatkan air ini. Namun bagi anda yang belum paham atau memerlukan banyak refernsi tentang bagaimana cara mendapatkan air saat tersesat berikut adalah beberapa cara mendapatkan air bila kita tersesat di gunung atau di hutan
cara mendapatkan air bila tersesat di gunung atau di hutan
salah satu cara mendapatkan air saat tersesat [photo by fahrurrozi-adventure.blogspot.com]


1. Dengan memanfaatkan air hujan
Ketika kita tersesat pada musim penghujan anda tak usah khawatir karena akan sangat mudah sekali dalam menemukan air caranya adalah dengan menampung air hujan menggunakan daun yang lebar kemudian di kumpulkan pada satu titik atau wadah.
2. Memeras lumut yang menempel pada batang pohon
Memeras lumut yang menempel pada batang pohon memanglah sangat sulit dan butuh ekstra sabar karena kandungan air pada lumut sangat sedikit apalagi pada musim kemarau namun bila tidak ada cara lain apa salahnya mencoba teknik ini. Caranya adalah dengan mengumpulkan lumut kemudian peras menggunakan saringan atau kain kemudian kumpulkan pada suatu tempat.

3. Dengan Kondensi 
Teknik kondensi adalah memanfaatkan uap air seperti pada tanah maupun dedaunan. Caranya adalah dengan menggali tanah secukupnya kemudian simpan wadah atau penampung air di tengah tengah galian. Setelah itu Beri dedaunan pada galian sekitar wadah (pastikan dedaunnya bukan berasal dari tumbuhan yang beracun.
Baca juga : mengenal tumbuhan hutan yang bisa di makan
Bila semuanya sudah siap tutup galian tersebut dengan plastik sampai tertutup rapat dan tidak ada rongga. Setelah itu beri pemberat pada pelastik tepat berada di tengah tengah wadah.

4. Memanfaatkan embun
Untuk teknik ini harus dilakukan pada pagi hari caranya adalah dengan menempelkan kain pada kaki kemudian berjalan jalan sekitar rerumpun setelah cukup basah kemudian kita peras. Atau kita bisa menghisapnya secara langsung.

Related : Teknik Mendapatkan Air Bila Tersesat di Gunung atau Hutan

3 Responses to " Teknik Mendapatkan Air Bila Tersesat di Gunung atau Hutan "

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan