deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin Kabupaten Bondoowoso

Jalur Pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Raung selain melewati Jalur Kalibiru Kabupaten Banyuwangi. Gunung Raung sendiri merupakan salah satu Gunung dengan ketinggian sekitar 3.332 mdpl dan berada di wilayah paling Timur Pulau Jawa, maka dari itu Gunung ini mempunyai keindahan dan pesona yang sangat luar biasa.

Untuk mendaki Gunung Raung Terdapat 2 alternatif pendakian, yang pertama melewati Jalur Sumber Waringin Kabupaten Bondowoso dan yang kedua adalah dengan melewati jalur Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai jalur pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin. 

Dari beberapa sumber dijelaskan untuk mencapai Gunung Raung via Sumber Waringin ini membutuhkan waktu sekitar 11 jam. Selain itu nama-nama pos pada jalur ini memiliki nama yang aneh dan menyeramkan, sehingga semakin menambah kesan mistis selama pendakian.

Rute 

Semua Kota - Bondowoso (Jawa Timur) - Sumber Waringin
  • Bila perjalanan kita dimulai dari Ibu Kota Jakarta kita bisa menggunakan angkutan umum maupun pribadi menuju Kabupaten Bondowoso, Bila telah sampai di Bondowoso kemudian kita menuju Wonosari diperjalanan kita akan menenemukan sebuah pertigaan Gardu Atta. Dari Gardu Atta perjalanan dilanjutkan menuju Pesanggrahan yang merupakan pos perijinan/Basecamp menuju ke Gunung Raung.

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1 Pondok Motor (1 jam(motor)) / (2 jam (mobil))
Untuk menuju pos 1 kita dapat menggunakan jasa ojek karena jalur yang akan kita lewati sangat lebar dan dapat dilalui dengan sepedah motor maka dari kebanyakan pendaki akan menggunakan jasa ojek untuk menghemat tenaga karena perjalanan selanjutnya akan semakin berat. Bila menggunakan ojek waktu tempuh untuk sampai ke pos 1 adalah sekitar 1 jam sedangkan jika berjalan kaki membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam.

Pos 1 - Pos 2 Pondok Sumur (4 jam)
Untuk menuju pos Pondok Sumur kita akan melewati ladang penduduk, dari sini diharapkan berhati-hati karena terdapat banyak percabangan, jika anda mendaki pada pagi hari sebaiknya bertanya pada para petani yang sedang berkebun agar tidak tersesat dan memperlama waktu pendakian. Setelah berjalan kurang lebih 4 jam kita akan sampai di pos Pondok Sumur.

Pos 2 - Pos 3 Pondok Demit (2,5 jam)
Untuk mencapai pos Pondok demit kita akan melewati jalur yang cukup rapat dan terjal dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 jam. Entah apa yang menjadi latar belakang penamaan pos ini sehngga membuat namanya menjadi sedikit menyeramkan. Pos Pondok Demit merupakan lahan datar yang cukup luas.

Pos 3 - Pos 4 Pondok Mayit (1 jam)
Satu lagi pos yang namanya tidak kalah aneh dan menyeramkan bernama pos Pondok Mayit, namun disini anda dapat mendirikan tenda karena pos ini merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda.

Pos 4 - Pos 5 Pondok Angin (1 jam)
Jalur menuju Pondok angin kita akan keluar dari vegetasi hutan dari berubah dengan jalur yang lebih terbuka namun dengan jalur yang masih terjal. Untuk mencapai pos ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Pos Pondok angin juga merupakan salah satu tempat Favorit untuk mendirikan tenda sebelum menuju puncak.

Pos 5 - Puncak (1 jam)
Menuju Puncak Gunung Raung merupaka perjalanan paling berat dimana kita mental kita akan sangat di uji. Jalur yang curam dengan jurang-jurang yang sangat dalam sangat menguji adrenalin kita. Dibeberapa titik juga kita harus menggunakan perlatan panjat tebing karena jalur yang dilewati sangat curam dan berbahaya. Untuk mendaki Puncak Gunung Raung dibutuhkan fisik, mental dan emosi yang setabil. Dimana ketenangan merupakan faktor penting yang akan menentukan berhasil atau tidaknya kita menggapai Puncak Sejati Gunung Raung.

Referensi
http://infopendaki.com/pendakian-gunung-raung-via-waringin-bondowoso/
http://argopura.blogspot.co.id/2011/11/gunung-raung.html
http://www.catatanhariankeong.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-raung.html

Related : Jalur Pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin Kabupaten Bondoowoso

2 Responses to " Jalur Pendakian Gunung Raung via Sumber Waringin Kabupaten Bondoowoso "

  1. dulu saya pernah melewati jalur ini, tapi kenapa kok yang lebih ramai lewat kalibaru ya?

    ReplyDelete
  2. Awal thn 2017 mau k raung.lwat sumberwringin.
    Ada yg mau bareng?
    Wa 082332470076

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan