deskripsi gambar

Jalur Apuy, Jalur Palutungan dan Jalur Linggarjati Enaknya Pilih yang Mana ??

Oke sahabat Petualang jika kalian ingin medaki Gunung Ciremai Jawa Barat terdapat 3 alternatif jalur pendakian yang pertama bisa melewati Jalur Pendakian Apuy yang terletak di Kabupaten Majalengka Jawa Barat, yang ke dua bisa melewati Jalur Pendakian Palutungan Kabupaten Kuningan dan yang terakhir bisa melewati Jalur Pendakian Linggarjati Kabupaten Kuningan.

Yang jadi pertanyaan adalah jalur mana jalur yang paling cocok untuk mendaki Gunung Ciremai??

Sebelum menjawabnya saya terlebih dahulu akan menjelaskan karakteristik dari masing-masing jalur yang tentunya sangat berbeda antara Jalur Apuy, Jalur palutungan dan Jalur Linggarjati. Meskipun saya jarang mendaki Gunung Ciremai namun saya pernah melewati 2 jalur diantara 3 jalur Gunung Ciremai yaitu Jalur Apuy dan Jalur Linggarjati. selain itu pembicaraan saya dengan beberapa kawan pun sangat sering jika membahas mengenai Gunung Ciremai ini, shingga saya sangat paham betul ketiga jalur ini. 

Oke sahabat biar tidak banyak bertele-tele langsung saja kita akan bahas mengenai jalur pendakian Gunung Ciremai. Sebenarnya ketiga Jalur Ciremai memiliki ciri yang sama namun dengan karakter yang sangat berbeda. Berikut penjelasannya :

1. Jalur Apuy Kabupaten Majalengka
Jalur Apuy memiliki karakteristik jalur dengan tingkat kerapatan yang lumayan rapat, selain itu terdapat beberapa spot yang terjal dan cukup menguras tenaga. Namun keunggulan dari jalur ini adalah jalur yang relatif pendek sehingga kita akan semakin cepat untuk sampai ke puncak Gunung Ciremai. Hal itu terjadi lantaran titik awal pendakian kita (basecamp) sudah berada pada dataran yang tinggi yaitu sekitar 1.700 mdpl. selain itu untuk menuju pos 1 kita dapat menggunakan mobil pick up karena jalanan yang sudah lebar dan sering digunakan warga untuk mengangkut hasil pertanian. Maka dari itu jalur ini cukup ramah bagi kalangan pendaki pemula.

2. Jalur Palutungan Kabupaten Kuningan
Jalur Palutungan merupakan jalur paling panjang untuk bisa sampai di Puncak Gunung Ciremai namun jalur ini relatif agak landai dari kedua jalur lainnya. Maka dari itu jalur palutungan merupakan jalur yang paling banyak digunakan para pendaki yang ingin mendaki Gunung Ciremai. Bila anda ingin melewati Jalur Palutungan ini alangkah baiknya dilakukan dengan 2 hari pendakian artinya selama mendaki kita akan mendirikan tenda selama 2 x di tempat yang berbeda. Selain perjalanan akan lebih santai dan tidak terburu-buru, proses penyesuaian kondisi tubuh dengan ketinggianpun akan sangat efektif sehingga penyakit Gunung (mountain sicknes) bisa dihindari apalagi bagi para pemula yang jarang atau baru memulai pendakian Gunung. Jika anda melakukan 2 hari pendakian tempat pertama untuk mendirikan tenda biasanya di pos Cigowong dan yang tempat kedua di Pos Goa Walet yang merupakan pos terakhir sebelum Puncak.

3. Jalur Linggarjati
Jalur Linggarjati merupakan jalur yang paling ekstrim untuk mencapai puncak Gunung Ciremai karena dijalur ini anda akan didominasi oleh jalur terjal dan sangat jarang sekali menemukan jalur landai. selain itu dari beberapa sumber juga dijelaskan Jalur Linggarjati ini merupakan jalur yang sangat angker karena beberapa pendaki pernah mengalami hal-hal mistis selama melakukan pendakian melewati Jalur Linggarjati ini. Selian itu nama-nama pos di Jalur Linggarjati sangat aneh dan menyeramkan sehingga menambah mistis jalur pendakian. Maka dari itu Jalur Linggarjati ini sngat tidak dianjurkan bagi pemula. Namun bagi anda yang penasaran tidak ada salahnya untuk mencoba jalur ini, teapi dengan persiapan dan perhitungan yang sangat matang. Karena bagaimanapun Gunung dan Hutan bukan merupakan sebuah mainan. 

Nah sahabat petualang berikut di atas adalah gamabaran secara umum mengenai ketiga jalur Gunung Ciremai. Menganai pertanyaan di atas tetang jalur mana yang cocok untuk mendaki Gunung Ciremai silahkan anda tentukan sendiri sesuai kemampuan anda.
Baca Juga : 5 Misteri Gunung Ciremai yang Tidak Banyak Diketahui
Jika ada yang kurang dimengerti dan perlu ditambahkan silahkan corat-coret pada kolom komentar di bawah yah. Pesan terakhir jika anda senang melakukan pendakian Gunung. Jagalah Gunung tersebut dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. #salamlestari
Tags :

Related : Jalur Apuy, Jalur Palutungan dan Jalur Linggarjati Enaknya Pilih yang Mana ??

0 Response to " Jalur Apuy, Jalur Palutungan dan Jalur Linggarjati Enaknya Pilih yang Mana ?? "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan