deskripsi gambar

Mengenal Tumbuhan Hutan Yang Bisa di Makan

Bagi seorang pendaki gunung tersesat di hutan adalah suatu hal yang sering terjadi maka dari itu di butuhkan penguasaan teknik-teknik survival yang baik supaya kita dapat bertahan dalam keadaan darurat dengan memanfaatkan apapun yang tersedia di hutan. Salah satunya memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan, namun sayangnya tidak semua tumbuhan di hutan itu bisa dimakan. Karena ada sebagian tumbuhan yang ternyata sangat berbahaya untuk kita makan, maka dari itu kita di tuntut untuk mengenal dan mengetahui cirri-ciri tumbuhan yang bisa di makan. Dan berikut di bawah ini adalah jenis-jenis tumbuhan yang bisa kita makan ketika tersesat di gunung atau hutan

Paku sayur (pakis)
tumbuhan hutan yang bisa di makan
Paku sayur merupakan jenis tanaman yangsering kita temui di dalam hutan terutama di daerah teropis seperti Indonesia. Ciri tumbuhan ini adalah daunnya yang bergerigi dan memiliki banyak kantung spora sepeti bintik bintik hitam di bagian bawah daun.

Buah rotan Muda
tumbuhan hutan yang bisa di makan
Pohon rotan sebenarnya merupakan musuh bagi para pendaki atau penjelajah hutan Karena batang pohon rotan yang banyak di penuhi duri sering kali melukai kita ketika bergesekan. Namun ternyata di balik ganasnya duri rotan ternyata buah rotan yang masih muda sangat bermanfaat sekali untuk kita konsumsi secara langsung bila kita benar benar kehabisan makanan. Apalagi Batang pohon rotan juga menyimpan air untuk di minum.
Buah dan pucuk daun cantigi
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Pohon cantigi mungkin sering kita jumpai di beberapa gunung di Indonesia seperti salah satunya di gunung papandayan Garut. Bagi sebagian orang mungkin tak akan pernah mengira bahwa pohon yang satu ini ternyata buah dan pucuk daunya ternyata bisa kita makan, tapi ternyata pohon ini bisa menjadi salah satu alternatife sumber makanan kita saat kita tersesat dan membutuhkan makan.

Rumput daun semnaggi
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Ciri umum pada daun semanggi memiliki daun yang kecil dan bebentuk seperti hati biasanya rumput ini tumbuh di tanah. Karena ukuranya yang kecil terkadang rumput ini jarang kita amati, namun ternyata rumput ini juga merupakan salah satu tumbuhan yang dapat kita makan saat tersesat

Poh Pohan
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Biasanya tumbuh di lembah lembah gunung rasanya memang sedikit pahit namun bila tidak ada cara lain pada kondisi darurat apa salahnya bila mengkonsumsi daun poh pohan ini.

Buah Lo
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Buah lo atau elow juga sering kita temukan di dalam hutan. Ciri buah ini adalah berwarna hijau sedikit mengkilap cara mengkonumsinya bisa dimakan langsung atau di rebus . bila di makan langsung rasanya agak sedikit asam namun bila kita rebus rasanya akan berubah menjadi manis

Selada air
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Biasanya tumbuh di dekat tanah yang mengandung air. Bisa di konsumsi secara langsung dengan rasa yang netral. Tumbuhan ini sangat bermanfaat sekali karena memilik banyak kandungan air

Begonia
tumbuhan hutan yang bisa di makan

Tanaman yang sering di jadikan hiasan di depan rumah ini ternyata bisa di makan. Caranya adalah dengan memakan bagian batangnya yang berwarna hijau biasanya sedikit merah. Rasanya memang sedikit asam tapi dalam keadaan darurat apa salahnya untuk mengkonsumsi batang pohon ini. Begoni biasanya banyak di temukan di beberapa gunung di Indonesia seperti di gunung gede pangrango.

Ciri umum tumbuhan yang dapat kita makan

  • Tidak Berbau
  • Tidak bergetah
  • Tidak Berbulu
  • Biasa di makan hewan
  • Pada buah-buahan warna tidak mencolok karena ditakutkan mengandung racun alkaloid
  • Langkah – langkah yang harus di lakukan sebelum mengkonsumsi
  • Pada dedaunan usahkan cari daun yang paling muda (pucuk)
  • Pada buah buahan buka buah tersebut kemudian oles pada tangan bila TIDAK TERJADI reaksi seperti gatal atau panas berarti aman untuk di konsumsi.
  • Yang terakhir sebelum memakan dedaunan atau buah buahan sebaiknya di rebus terlebih dahulu

Related : Mengenal Tumbuhan Hutan Yang Bisa di Makan

0 Response to " Mengenal Tumbuhan Hutan Yang Bisa di Makan "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan