deskripsi gambar

Makna Dari Sebuah Petualangan


Suatu hari saya pernah membaca suatu buku petualangan yang entah pada halaman ke berapa saya mengutip kata-kata bijak dari seorang petualang dunia beliau mengatakan "bahwa malaikat berbisik pada manusia yang berjalan kaki"

Mungkin hanya sebagian yang mengerti makna dari kata bijak di atas namun saya disini menafsirkan bahwa sesungguhnya kegiatan petualangan itu selalu membuka mata, pikiran, dan hati kita untuk hal-hal baru yang kita tidak ketahui sebelumnya. Selama kita mampu bersikap bijak banyak sekali hikmah dari sebuah petualangan, Namun terkadang kebanyaan orang di luar selalu memvonis bahwa seorang petualang itu adalah orang gila yang tidak mempunyai pekerjaan, malas bekerja dan selalu menghambur hamburkan uang. Itu dulu sebelum kegiatan petualangan menjadi trand seperti sekarang ini semenjak hampir semua stasiun televisi di Indonesia selalu menyuguhkan siaran bertema petualangan. Dan mungkin sekarang vonis itu sudah di cabut. :p

Kalo menurut saya petualangan atau dunia luar itu seperti sebuah buku. Namun buku itu bersifat abstrak, artinya penilaian terhadap dunia luar itu tergantung dari setiap orang yang melihat kemudian menilainya. Banyak sekali hikmah yang bisa di ambil dari sebuah petualangan seperti yang di alami oleh saya. karena  saya kebetulan suka mendaki gunung  saya sering melihat dan bertemu dengan orang-orang yang wilayahnya terpencil dan langsung berbatasan dengan hutan. Seperti di boyolali saya pernah bertemu dengan seorang nenek-nenek yang menggendong kayu bakar dari hutan yang membuat saya kagum beliau menggendong tumpukan kayu bakar yang besar tumpuknya hampir 2 x besar dari tubuhnya sehingga kontras tumpukan kayu bakar itu menjulang ke atas melebihi tubuh nenek itu. mungkin itu terlihat biasa bagi masyarakat pedesaan namun hikmah yang saya ambil disini bahwa orang-orang di pedalaman yang berbatasan langsung dengan hutan jarang mendapat suplai bahan-bahan kebutuhan pokok atau subsidi dari pemerintah. Sehingga mereka hanya bisa mengandalkan apa yang tersedia di alam. 

Tapi walaupun kehidupan mereka sederhana, mereka seperti tidak pernah mengeluh menyalahkan tuhan maupun pemerintah. Kenapa saya bisa menyimpulkan seperti itu, karena itu terlihat dari senyum sapa warga desa ketika mereka bertemu orang baru seperti saya. senyuman yang hangat dan sapaan yang ramah terkadang selalu memberi energi positif bagi diri saya. Terkadang di suatu kesempatan saya juga sering ngobrol dengan warga-warga lokal sehingga saya tahu bagaimana keadaan daerah yang sering saya kunjungi.

Hal di atas mungkin masih sekedar tentang kehidupan sosial, Belum lagi bila kita masuk kedalam hutan dan mendaki gunung kita akan di suguhkan dengan kekuasan Tuhan yang Maha Besar. Terkadang kita akan takjub tatakala melihat hal-hal yang belum kita lihat sebelumnya. Dari mulai hal kecil seperti binatang melata, tumbuhan yang unik sampai bentangan alam yang seketika membuat kita takjub betapa besarnya kekuasa Tuhan, sungguh lukisan yang maha sempurna tak akan ada seorangpun yang mampu mengalahkan kekuasaanya, subhanallah...
Tags :

Related : Makna Dari Sebuah Petualangan

0 Response to " Makna Dari Sebuah Petualangan "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan