deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu Sukabumi

Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu berada di Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi tepatnya di dekat area Wana Wisata Cangkuang yang merupakan suatu area perkemahan yang sangat asri dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Untuk mendaki Gunung Salak sendiri terdapat beberapa jalur diantaranya.


peta jalur pendakian gunung salak via cidahu

  • Jalur Giri Jaya (Curug Pilung)
  • Jalur Kutajaya/Cimelati
  • Jalur Pasir Reungit
Jalur Cidahu sendiri memiliki 2 jalur pendakian yang berbeda yaitu jalur lama menuju puncak 1 sedangkan jalur baru menuju Kawah Ratu. 

Rute 

Semua Kota - Sukabumi (Jawa Barat) - Cidahu

Bila kita dari arah Jakarta kita bisa menggunakan Bus jurusan Sukabumi kemudian turun di daerah Cicurug (jika tidak tahu bisa bertanya pada sopir atau kernet bus). Dari Cicurug perjalanan dilanjutkan menggunakan angkot jurusan Cidahu.

Jalur Pendakian

Wana Wisata - Pos 3
Dari wana wisata Cangkuang untuk menuju Pos 3 memiliki jalur yang cukup curam dan lembab. sehingga pada musim hujan jalur ini akan terasa sangat licin, namun anda jangan khawatir akar-akar pohon yang terdapat disepanjang jalur bisa meringankan perjalanan anda. 

Pos 3 - Pos 4
Selanjutnya menuju Pos 4 jalur akan semakin curam dengan jalur yang berupa tanah merah sehingga ketika musim hujan terdapat beberapa tanah becek sedalam mata kaki yang sangat menggangu perjalanan. Menuju Pos 4 kita kan melewati 2 buah sungai yang sangat jernih, jika belum membawa persediaan air bisa mengisi disini karena tempat ini merupakan sumber air terakhir. 

Pos 4 merupakan pertigaan jalan. Bila kita mengambil arah kiri maka kita akan menuju Kawah Ratu sedangkan bila kita ambil arah kanan kita akan menuju puncak

Pos 4 - Kawah Ratu

Dari Pos 4 bila kita ingin menuju Kawah Ratu memerlukan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Kawah ratu merupakan kawah yang masih aktif sehingga tidak diperbolehkan mendirikan tenda disekitar sini.

Pos 4 - Puncak 

Pos 4 Shalter 4
Bila kita ingin menuju puncak kita kan mengambil arah kanan dan akan bertemu dengan shalter 3 dari shalter kemudian menuju shalter 4 dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dengan jalur yang dipenuhi dengan akar-akar pohon.

Bila kita menemukan sungai kecil dan sebuah tempat yang sangat luas kemudian berbelok kekanan dan berjalan di kiri mengikuti pagar kawat berduri.Berhati-hatilah melewti jalur ini  karena terdapat beberapa jurang yang tertutup rerumputan sehingga lengah sdikit saja akan sangat berbahaya

Shalter 4 - Shalter 5 sampai Shalter 6
Jalur menuju shalter 5 sedikit menurun selanjutnya menanjak tajam, bahkan pendaki akan memanjat tebing batu curam. Menuju shalter 6 jalur akan semakin sempit menanjak dan cukup curam

Shalter 6 - shalter 7
Dari shalter 6 pendaki menuju punggungan shalter 7 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jalur berupa akar-akar pohon.

Shalter 7 - Puncak 1
Dari shalter 7 hanya diperlukan waktu 15 menit saja untuk bisa sampai di puncak 1 Gunung Salak dengan jalur yang sudah tidak lagi curam.

Puncak 1 Gunung Salak merupakan tempat yang cukup luas sehingga dapat menampung beberapa tenda, selain itu pohon-pohon besar juga masih tumbuh subur disini. Kemistisan puncak 1 Gunung Salak akan sangat terasa dengan adanya beberapa makam kuno dan sebuah pondok yang digunakan para pejiarah untuk menginap

Sampailah pada puncak Gunung Salak I, Puncak Gunung ini masih banyak ditumbuhi pohon-pohon besar. Tempatnya sangat luas dan dapat digunakan untuk mendirikan beberapa tenda. Di puncak ini terdapat beberapa makam kuno, diantaranya makam Embah Gunung Salak yang nama aslinya Raden K.H. Moh. Hasan Bin Raden K.H. Bahyudin Braja Kusumah. Tidak jauh dari makam Embah Gunung Salak, terdapat makam kuno yang lain, yakni makam Raden Tubagus Yusup Maulana Bin Seh Sarip Hidayatullah. Di puncak Gunung Salak I ini juga terdapat sebuah pondok yang sering digunakan oleh para penjiarah untuk menginap.

Informasi jalur cidahu
Wisata Cangkuang - Kawah Ratu 3-5 jam
Wisata cangkuang - Pos 1 8 jam
Jalur cukup ekstrim dan curam


Referensi
http://www.catatanhariankeong.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-salak.html

Related : Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu Sukabumi

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu Sukabumi "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan