deskripsi gambar

Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016

Gunung bukan tempat sampah merupakan salah satu selogan kampanye untuk mengingatkan para pendaki Gunung agar membawa turun kembali sampahnya saat melakukan pendakian. Namun sekarang kenyataannya berbeda fenomena pendakian Gunung saat ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan orang terlatih atau Pecinta Alam, mendaki Gunung saat ini bisadilakukan oleh siapa saja termasuk sekelas anak smp yang baru seumur jagung. 

Ada beberap faktor yang menyebabkan pendakian Gunung menjadi trand saat ini diantaranya adalah dengan banyak munculnya tayangan-tayangan televisi bertema petualngan yang seakan menggambarkan petualangan itu adalah sesuatu yang keren dan mengasikan namun tidak di sertai dengan eduksi,sehingga banyak orang salah mengartikan makna dari sebuah petualangan atau makna dari sebuah pendakian Gunung. 

Maka dari itu sekarang ini banyak para pendaki Gunung yang melakukan pendakian namun tidak disertai dengan kode-kode etik pecinta alam, sehingga hal itu menimbulkan beberapa masalah salah satunya masalah sampah plastik yang mengbeludak hampir di setiap Gunung yang ada di Indonesia. Bukan saja soal keindahan, sampah plastik dan sisa makanan yang di buang di Gunung jika termakan oleh hewan bisa merubah prilaku hewan tersebut. Sehingga pada akhirnya hewan tersebut malas untuk berburu makanan dan bisa mengganggu para pendaki lain yang berkemah karena mencium aroma makanan yang biasa mereka makan yaitu sisa makanan manusia yang di buang.

Diantara beberapa Gunung tersebut berikut adalah 5 Gunung dengan predikat sampah paling banyak di Indonesia

1. Gunung Semeru
Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016
Banyaknya sampah di Gunung Semeru berbanding lurus dengan banyaknya jumlah pendaki yang mendaki Gunung Semeru setiap tahunnya. Gunung semeru mengalami peningkatan jumlah pendaki yang signifikan setelah pada tahun 2012 Gunung Semuru di angkat pada sebuah film layar lebar. Menurut kabar terakhir ada yang menyebutkan bahwa sampai di Gunung Semeru bahkan sudah mencemari Danau Ranu Kumbolo.

2. Gunung Rinjani
Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016
Tidak hanya Gunung Semeru, Gunung Rinjani yang terletak di pulau Lombok ini pun juga mengalami nasib yang sama. Semakin memperihatinkanya nasib Gunung Rinjani bahkan beberapa tahun lalu ada seorang warga negara asing yang bersedia memunguti sampah-sampah di Gunung Rinjani ini. Fenomena tersebut seharunya dapat mengetuk pendaki lokal untuk lebih peduli lagi terhadap sampah.

3. Gunung Gede - Pangrango
sampah di gunung gede pangrango tepatnya di alun alun surya kencana
Diurutan ketiga ada Gunung Gede-Pangrango yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini juga menjadi salah satu Gunung dengan peminat pendakian terbanyak. Tidak mengherankan memang karena Gunung merupakan salah satu Gunung yang Paling dekat dengan Ibu Kota Jakarta, maka dari itu pihak pengelolapun menerapkan sistem booking untuk mendaki Gunung Gede-pangrango. Sampah yang di temukan di Gunung ini biasanya sekitar Alun-alun Surya Kencana.
Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kita Mendaki Gunung
4. Gunung Ciremai 
Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016
Dengan predikat sebagai Gunung tertinggi di Jawa Barat tidak mengherankan jika Gunung Ciremai selalu menjadi incaran para pendaki. Dengan banyaknya para pendaki yang mendaki Gunung Ciremai tidak mengherankan jika kita juga akan banyak menemukan sampah di sepanjang jalur pendakian.

5. Gunung Guntur
sampah gunung guntur
Yang terakhir adalah Gunung Guntur, Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat tepat di Kabupaten Garut ini memiliki nasib yang sama namun tak serupa dengan Gunung-Gunung lainnya. Jika di Gunung lain kita temukan sampah plastik di Gunung Guntur ini kita akan menemukan banyaknya sampah dari limbah pabrik kulit. Limbah itu biasanya di buang diarea Cilopang atau bekas penggalian pasir.

Nah berikut adalah beberapa Gunung dengan predikat sampah terbanyak versi Oh Gunung. Dengan kejadian diatas semoga bisa menjadi motivasi maupun renungan bagi kita untuk saling mengingatkan agar lebih peduli lagi terhadap alam. Karena selain menjadi sumber kehidupan alam juga merupakan tempat bermain kita. ingat pepatah 
"Tanpa Manusia Alam akan Tetap Hidup tapi Tanpa Alam Manusia Tidak Akan Pernah Bisa Hidup "

Related : Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016

0 Response to " Wow Ternyata ini Dia 5 Gunung Dengan Sampah Terbanyak di Indonesia 2016 "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan