deskripsi gambar

Beberapa Catatan Menarik Mengenai Pendakian Gunung Everest

Gunung Everest merupakan Gunung Tertinggi di Dunia dengan ketinggian 8.849 mdpl dan terletak di Nepal. Dengan predikatnya sebagai Gunung tertinggi di Dunia sehingga siapapun ingin memiliki catatan menarik untuk membuat rekor ketika mendaki Gunung Everest, selain sebagai suatu kepuasan memcahkan rekor Dunia juga dapat membuat orang tersebut namanya dikenang hingga ke berbagai penjuru Dunia.

Mengenai Gunung everest, berikut dibawah ini adalah beberapa Catatan Menarik/Rekor Pendakian Gunung Everest.

1. Manusia Pertama yang Berhasil Mencapai Puncak Gunung Everest

Orang pertama yang menggapai puncak Gunung Everest bernama Edmund Hillary, pendaki asal Selandia Baru dan pemandunya asal suku Sherpa di Nepal pada 29 Mei 1953 Tepatnya pada jam 11.30 waktu setempat mereka berdua berhasil menginjakan kakinya di Gunung teretinggi Dunia Everest Kabar ini merebak ke penjuru dunia pada 2 Juni di tahun yang sama, persis dengan waktu penobatan Ratu Elizabeth II sebagai Ratu Inggris. keberhasilan tersebut ikut dirayakan rakyat Inggris karena Selandia Baru merupakan Negara persemakmuran Inggris

2. Orang Indonesia Pertama yang Berhasil Menggapai Puncak Gunung Everest
Sedangkan Orang Indoesi pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest adalah Clara Sumawarti sekaligus sebagai orang pertama di Asia tenggara yang berhasil mencapai Puncak Gunung Everest pada 26 September 1996. Denga prestaasinya itu nama clara Sumawati tercatat antara lain di buku-buku Everestkarya Walt Unsworth (1999), Everest: Expedition to the Ultimate karya Reinhold Messner (1999) dan website EverestHistory.com, sebuah referensi andal akan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendakian gunung di dunia.

3. Orang Termuda yang Berhasil Mencapai Gunung Everest
Orang termuda yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest bernama Jorda Romero dengan usia 13 tahun pada bula mei 2010 dan menggeser rekor lama yang di pegang oleh Ming Kipa yang berhasil mencapai Puncak Gunung Everest pada usia 15 tahun.

4. Pendaki Wanita Pertama yang Menggapai Puncak Gunung Everest dengan kaki Palsu
Arunima Sinha merupakan seorang pendaki perempuan pertama yang mencapai puncak Everest dengan menggunakan kaki palsu. Hal yang karena kaki Arunima harus diamputasi karena sebuah kecelakaan sebelum ia mencapai puncak Everest. Setelah itu akhirnya Arunima berhasil mencapai atap dunia pada 21 Mei 2013 dengan bantuan kaki palsu.

5. Pendaki Yang Menggunakan celana Pendek Saat Mendaki Gunung Everest. 
Wim Hof, pria yang berhasil pecahkan 21 rekor dunia, termasuk mendaki Gunung Everest dengan hanya pakai celana pendek merupakan seorang berkewrganegaraan belanda. Menurtnya di dapat mengendalikan suhu dingin diluar tubuh dengan mengontrolnya lewat sebuah pemikiran dan konsentrasi yang keras(fokus)

6. Pendaki Pertama Tanpa Menggunakan Tabung Oksigen
Setelah tabung oksigen merupakan standarisasi keamanan untuk mencapai puncak Gunung Everest hal itu justru berbeda dengan yang dilakukan oleh Reinhold Messner padahal untuk ketika mendekati puncak para pendaki akan bernapas 80-90x / menit dengan kadar oksigen yang bisa turun sampai 35%.

7. Orang Pertama Yang Turun dengan Menggunakan Snowbord
Marco Siffredy memecahkan rekor dunia dengan menuruni Gunung Everest dengan menggunakan Snow bord pada tahun 2001. Hal itu membuatnya tertantang kembali untuk melakukan hal yang sama pada tahun 2002 namun naas saat mendaki Gunung Everest untuk kedua kalinya Marco Siffredy hilang tanpa kabar.

Referensi
http://www.dzargon.com/2015/12/mengenal-misteri-dan-seluk-beluk.html
http://news.detik.com/internasional/2254084/hebat-kakek-80-tahun-cetak-rekor-sebagai-pendaki-tertua-gunung-everest
http://update.ahloo.com/2016/05/23/fakta-fakta-menarik-tentang-gunung-everest
http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/05/29-mei-1953-manusia-pertama-mencapai-puncak-everest

Related : Beberapa Catatan Menarik Mengenai Pendakian Gunung Everest

0 Response to " Beberapa Catatan Menarik Mengenai Pendakian Gunung Everest "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan