deskripsi gambar

Cara Membuat Kompas Sederhana Dari Jarum atau Silet , Kalian Harus Tahu

Sebagai Penggiat Alam apa yang kamu ketahui mengenai Navigasi ?? 
Navigasi sederhana memang dilakukan menggunakan sebuah kompas dimana dengan menggunakan kompas kita dapat mengetahui arah utara dan selatan, namun apa jadinya bila kompas yang kita bawa ternyata hilang atau rusak ? 

Dalam daftar survival kit, salah satu hal yang harus dan wajib kita bawa adalah sebuah jarum dan benang. 
Tahukah kamu bahwa Jarum tersebut dapat berfungsi dalam pembuat kompas sederhana sebagai pengganti kompas yang hilang atau rusak untuk menentukan arah, Namun jika tidak ada jarum silet pun dapat kita gunakan untuk membuat kompas sederhana. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama gosokan jarum atau silet ke salh satu benda yang mengandung magnet atau bisa juga gosokan ke benda kering seperti kain sutra atau rambut, kalau memang tidak ada biasanya jarum atau silet di gosokan ke batu atau besi agar mengasilkan magnet

cara membuat kompas sederhana
2. Satukan jarum dengan benda ringan seperti gabus atau daun yang bisa mengapung diatas air
cara membuat kompas sederhana

3. Jika tahap pertama sudah selesai simpan gabungan antara jarum atau silet dengan gabus atau benda ringan lainnya kemudian diletakkan di atas permukaan air, sehingga terlihat mengapung. Setelah itu lihat ujung silet atau jarum pada kompas sederhana ini selalu menunjuk ke arah utara atau selatan.

cara membuat kompas sederhana


Cara ini dapat kita lakukan pada siang hari ataupun malam hari karena metodenya yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu tertentu dalam pembuatanya. 

Related : Cara Membuat Kompas Sederhana Dari Jarum atau Silet , Kalian Harus Tahu

0 Response to " Cara Membuat Kompas Sederhana Dari Jarum atau Silet , Kalian Harus Tahu "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan