deskripsi gambar

Salah Satu Pendaki Tim Kartini Asal Tasikmalaya Tewas Terkena Hypothermia

Naas karena terserang hypothermia seorang pendaki bernama Erik Airlangga menghembuskan nafas terakhirnya setelah berhasil menginjakan kakinya di puncak tertinggi Indonesia Pyramid Cartensz yang berada di Papua. Korban menghembuskan nafas terakhir setelah sebelumnya sempat dilakukan pertolongan oleh tim Emergency Preparedness & Response (EP&R) PT Freeport Indonesia (PTFI).
Pendakian tim Kartini Freeport membawa sebanyak 32 orang yang terdiri dari karyawan PTFI. Tim berangkat dari Tembagapura Mile 68 pada 14 April lalu sekitar pukul 08.30 WIT. Tim yang jumlah totalnya 32 orang ini yang tergabung beberapa tim didalamnya, dari mile 68 menuju Grasberg Mine untuk selanjutnya melakukan pendakian ke puncak Cartensz (Pyramid Cartensz).Pendakian ini dilakukan dalam rangka peringatan hari Kartini pada 21 April nanti. 

Kejadian itu terjadi ketika perjalanan turun dari puncak Cartenz,ketika sedang turun terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim, namun perjalanan terus dilakukan melalui teras besar menuju Yellow Valley. Pada saat itu kondisi suhu pada korban Almarhum Erik Airlangga terus mengalami penurunan yang sangat drastis, akhirnya dilakukan pertolongan pertama oleh tim pendamping dari EP&R.

Pada hari minggu 17 april sekira pukul 02.00 WIT, korban terpaksa dievakuasi oleh rekannya atas nama Agus Saban untuk menuju Yellow Valley, untuk selanjutnya dievakuasi ke RS Tembagapura. Namun, dalam perjalanan pada proses evakuasi, sekira pukul 03.00 WIT korban menghembuskan nafas terkahir dan meninggal dunia

Kapolsek Tembagapra, Iptu Hasmulyadi, di bandara Mozes Kilangin Timika saat pemberangkatan jenazah korban menuju Tasiklamalaya, mengatakan, berdasarkan hasil visum, korban dinyatakan meninggal dunia akibat Hypothermia.

Sementara itu dari 32 pendaki yang melakukan pendakian puncak Cartensz, tersisa 17 orang yang saat ini masih berada di Yellow Valley. Bila cuaca membaik menurut rencana pada hari Senin 18 April 2016, para pendaki akan dievakuasi dengan menggunakan tiga unit Helikopter.

sumber referensi m.okezone.com

Related : Salah Satu Pendaki Tim Kartini Asal Tasikmalaya Tewas Terkena Hypothermia

0 Response to " Salah Satu Pendaki Tim Kartini Asal Tasikmalaya Tewas Terkena Hypothermia "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan