deskripsi gambar

Hal Sederhana Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Tersesat di Gunung atau Hutan

Hal Sederhana Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Tersesat di Gunung atau Hutan
Hal apa yang harus dilakukan saat tersesat di Gunung atau Hutan seharunya bukan merupakan suatu pertanyaan lagi bagi anda seorang pendaki gunung maupun pecinta alam, karena dalam sebuah petualangan atau pendakian anda dituntut untuk mengetahui ilmu-ilmu tentang alam, psikologi survival dan peralatan apa saja yang harus anda bawa dan persiapkan sebelum mendaki Gunung atau menjelajah Hutan. Namun pada kondisi saat ini tentunya sangat berbeda semua orang dapat mendaki Gunung dengan hanya bermodalkan pengalaman membaca dari internet sehingga jika nantinya ada faktor X kebnyakan mereka bingung dan tidak mengetahui bagaimana cara mengatasainya. maka dari itu di era digital saat ini saya ingin mencoba berbagi ilmu mengenai dunia pendakian yang saya ketahui. nah untuk artikel saya kali ini saya akan membahas Hal Sederhana Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Tersesat di Gunung atau Hutan. Dalam suatu artikel mengenai psikologi survival tentu kita mengenal suatu metode yang diberi nama metode STOP. (Shit Think Observe Plan). apa itu metode STOP ?? Berikut adalah penjelasannya

1. Shit (Duduk)
Shit (Duduk) merupakan cara terbaik dimana anda dapat mengendalikan mengontrol diri anda, duduk sejenak kemudian menenangkan fisik dan batin merupakan cara terbaik ketimbang anda harus berjalan ksana kemari tidak tentu arah dengan sikap tidak tenang dan panik yang hanya akan membuat situasi semakin buruk dan akan membuang buang enrgi anda.

2. Think (Berpikir)
Berpiki dengan sikap tenang merupakan kunci utama yang harus dimiliki setiap orang khususnya pendaki gunung untuk mengendalikan suatu kondisi dimana dengan memiliki sikap tenang akan memberikan energi positif bagi tubuh kita sehingga kemampuan otak dalam berpikir bisa menjadi lebih efisien dan maksimal. Coba perhatikan sekitar anda dan apa saja hal hal yang dapat membuat anda tersesat berpikir kebelakang, mengingat hal-hal yang telah anda lewati yang membuat anda tersesat.

3. Observe (Observasi)
Selanjutnya adalah melakukan observasi sekitar anda, coba perhatikan kondisi di sekitar lingkungan anda periksa kembali peralatan, persediaan makanan dan air yang masih tersisa, perhitungkan secara matang untuk bisa digunakan bertahan caranya dengan mengatur secara baik pemakaian, cek kondisi tubuh dan rekan setiap beberapa jam, kunci untuk bertahan adalah perhatian. Perhatian terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Selain itu koondisi tubuh dan tim juga harus dipertimbangkan sebaik mungkin. Jangan sampai memaksakan berjalan ketika ada salah satu dari rekan kita yang sakit atau cedera.

4. Plan (Perencanaan)
Setelah semuanya siap Susun sebuah rencanadan pertimbangkan secara matang langkah yang akan akan anda lakukan agar tidak terjadi kesalahan dan berpengaruh pada keselamatan anda sendiri ataupun tim. 
Dalam perencanaan anda mempunya 2 opsi pilihan diam di tempat anda berada dan menunggu bantuan atau pergi melanjutkan perjalanan ke bagian atas gunung. Dimana bagian atas (puncak) gunung memiliki bagian yang lebih sempit dibandingkan di bawah, sehingga bila anda tersesat dan terus naik ke atas maka daerahnya akan semakin sempit sehingga mempermudah pencarian jalur yang benar dan ditemukan. (Namun hal ini sulit dilakukan pada daerah pegunung yang memiliki banyak puncak)

Related : Hal Sederhana Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Tersesat di Gunung atau Hutan

0 Response to " Hal Sederhana Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Tersesat di Gunung atau Hutan "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan