deskripsi gambar

Tips Mendaki Gunung Ketika Sedang Berpuasa

Mendaki Gunung merupakan hal yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak dengan mendaki Gunung kita akan merasakan suasana yang lepas, bebas dan tanpa beban. Meskipun mendaki Gunung memerlukan sebuah perjuangan yang sangat berat dan sangat melelahkan. Tetapi mendaki Gunung selalu bikin ketagihan. Maka dari itu terkadang ada beberapa orang yang mengharuskan dirinya untuk mendaki Gunung disetiap Bulan maupun setiap minggunya, terlebih saat Bulan Ramadhan.
Tips Mendaki Gunung Ketika Sedang Berpuasa

Melihat fenomena seperti di atas saya ingin memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin tetap mendaki Gunung di Bulan ramadahan dalam keadaan berpuasa dan tidak membatalkan puasanya. Berikut adalah beberapa tips yang perlu anda terapkan saat mendaki Gunung dalam keadaan berpuasa.

1. Tentukan Gunung yang tepat
Saat berpuasa kita tidak boleh sembarangan mendaki Gunung, maksudnya kita harus menyeleksi beberapa Gunung yang sekiranya mempunyai karakter yang cocok dengan keadaan kita. Maka dari itu carilah Gunung yang mempunyai jalur landai dan tidak terlalu tinggi seperti Gunung Papandayan di Jawa Barat, Gunung Prau di Jawa tengah, dan Gunung Panderman di Jawa Timur.

2. Persipakan kondisi fisik seminggu sebelum pendakian
mempersiapkan kondisi fisik merupakan hal terpenting dalam sebuah pendakian. Dengan kondisi fisik yang baik tentunya kita akan dapat menghadapi rintangan-rintang ketika sedang mendaki Gunung. Maka dari sebelum mendaki Gunung apalagi saat berpuasa kita di tuntut untuk mempersiapkan kondisi fisik kita seminggu sebelum pendakian. Anda dapat melakukan lari-lari kecil ketika sore hari, atau menjalankan olahraga kebugaran jasmani seperti shit up, push up, squath jump dan squath trush pada sore hari sambil menunggu buka puasa

3. Perhatikan Asupan Nutrisi
Asupan nutrisi juga sangat di perlukan, maka dari itu seminggu sebelum pendakian usahakan kita banyak memakan buah-buahan dan sayuran. selain itu asupan protein juga harus memadai seperti mekanan telur, tempe dan ikan.

4. Bawa Perlengkapan secukupnya 
Jangan terlalu membawa perlengkapan yang berlebih, selain dapat menambah beban kita, membawa peralatan yang berlebih juga dapat sangat cepat menguras tenaga kita sehingga badan akan cepat lelah mengeluarkan keringan yang berlebih dan dehidrasi. Maka dari itu bawalah perlengkapan yang sekiranya akan digunakan dan bermanfaat.

5. Pilih waktu yang tepat untuk mendaki
Pilihlah waktu yang tepat saat memulai start pendakian misalkan pada sore hari, sehingga cuaca tidak terlalu panas dan lebih dekat menjelang berbuka saat badan kita mulai terasa letih karena perjalanan. Jangan sekali-sekali mendaki pada pagi atau siang hari karena saat badan kita mulai lelah waktu berbuka puasa masih terlalu lama sehingga dapat menyebabkan puasa kita menjadi batal.

Related : Tips Mendaki Gunung Ketika Sedang Berpuasa

0 Response to " Tips Mendaki Gunung Ketika Sedang Berpuasa "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan