deskripsi gambar

Beginilah Kronolgi Meninggalnya Candra Hasan, Saat Mendaki Semeru

Beberapa hari yang lalu dunia pendakian kembali berduka setelah beredarnya kabar bahwa ada salah seorang pendaki asal Jakarta yang meninggal di Gunung Semeru. Menurut informasi korban  yang juga diketahui bernama Candara Hasan (33) warga Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. meninggal ketika melakukan perjalanan menuju Ranukubolo disekitar blok Gunung Ledeng, Gunung Semeru Jawa Tengah.


"Saat petugas telah sampai di lokasi korban kemudian melakukan pemeriksaan denyut nadi di tangan, dada, maupun leher, namun sudah tidak ditemukan adanya denyut nadi dan maka dari itu diduga korban sudah meninggal," kata Kepala Subbagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS Antong Hartadi saat dihubungi dari Lumajang, 

Menurut beliau, kronologis kejadiannya yaitu :
  • Pukul 11.30 WIB  3 Oktober 2016, korban bersama rombongan sebanyak empat orang tiba di Pos Ranupani dan melakukan pendaftaran dengan kelengkapan administrasi dan kelengkapan pendakian telah memenuhi syarat.
  • Pukul jam 14.15 WIB rombongan melakukan pendakian
  • Sekitar pukul 15.45 WIB rombongan berhenti istirahat di sekitar Blok Landengan Dowo sebelum shelter 1,
  • Setelah itu korban kembali melanjutkan perjalanan, namun dengan membaginya menjadi 2 kelompok, 2 orang berjalan duluan, 2 orang di belakang termasuk korban, namun ketika hendak melanjutkan perjalanan baru saja berjalan sebentar korban berteriak kepada temannya untuk menunggu kemudian kembali duduk pada sebatang kayu, namun setelah duduk korban malah tak sadarkan diri. 
  • Kemudian para rekannya berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan denyut nadi, pada saat pemeriksaan dileher ditemukan denyut nadi namun sangat lemah, akhirnya korban dimasukan kedalam sleeping bag untuk menjaga agar suhu tubuhnya tetap hangat.
  • Dua orang rekan korban pergi mencari bantuan, sedangkan satu rekannya lagi menunggu untuk menemani korban. Rekan korban sampai di pos Ranupane sekitar pukul 17.30 WIB untuk melapor dan meminta bantuan. Mendengar laporan itu petugas bergegas menuju lokasi korban untuk melakukan pertolongan.
  • Namun naas saat Tim evakuasi sampai dilokasi korban sudah tak bernyawa, selanjutnya korban di bawa ke pos Ranupane dan tiba sekitar pukul 20.00 WIB. 
  • karena penasaran korban diperiksa kembali oleh bidan desa ranupani, namun sayang korban telah meninggal dunia.
  • Selanjutnya korban dibawa ke RSU Hariyanto Lumajang, untuk dilakukan otopsi dan pemeriksaan lainnya, agar diketahui penyebab meninggalnya Candara Hasan.
Baca Juga : Gunung Tangga Surga, Gunung yang Jarang Terjamah di Papua
Menurut data dari TNBTS menyebutkan bahwa selama 2 bulan terakhir telah terjadi 2 kejadian pendaki yang meninggal dunia saat melakukan pendakian Gunung Semeru. Kejadian pertama pada tanggal 14 september 2016 korban Zaiman Arofik asal Pekalongan , Jawa Tengah, Kejadian kedua menimpa Candra Hasan yang merupakan pendaki asal Jakarta Timur.

Sumber : nasional.republika.co.id

Related : Beginilah Kronolgi Meninggalnya Candra Hasan, Saat Mendaki Semeru

0 Response to " Beginilah Kronolgi Meninggalnya Candra Hasan, Saat Mendaki Semeru "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan