deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali Jawa Tengah


jalur pendakian Gunung nerbabu via selo boyolali jawa tengah
Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur paling umum yang di gunakan para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Merbabu selain Jalur Wekas dan Jalur Cunthel. Tidak heran memang selain terkenal akan keindahannya Jalur Selo juga merupakan salah satu jalur untuk mendaki Gunung Merapi sehingga bagi anda yang berminat melakukan pendakian ke Gunung Merbabu dan Merapi Jalur Selo ini sangat direkomendasikan dan bisa menjadi salah satu alternatif petualangan anda. Karena jalur ini berada di tengah-tengah antar Jalur Pendakian Merapi dan Jalur Pendaki Gunung Merbabu

Rute

Untuk mencapai Jalur Pendakian Selo terdapat 2 pilihan yaitu melewati Kota Magelang maupun melewati kabupaten Boyolali. anda dapat menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 karena kondisi jalan sepanjang perjalanan juga relatif cukup bagus. 

Jika perjalanan anda dimulai dari Jakarta anda harus menuju Solo terlebih dahulu  dengan menggunakan angkutan umum seperti Bus ataupun Kereta. Dari Solo anda harus menuju Terminal Solo untuk mencari kendaraan umum menuju Desa Selo. Jika pagi hari terdapat banyak kendaraan yang menuju Desa Selo kalaupun tidak ada, anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju Terminal Boyolali terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum lagi menuju Desa Selo.

Jalur Pendakian

Base Camp - Pos 1
Jalur awal yang akan kita lalui merupakan area Hutan yang cukup lebat dengan kondisi jalan yang menanjak santai dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai pos 1.

Pos 1 - Pos 2
Selanjutnya untuk menuju Pos 2 perjalanan mulai sedikit berbeda dari yang tadinya menanjak santai kini berubah menjadi tanjakan-tanjakan yang cukup menantang, namun anda tak usah khawatir karena bukit-bukit yang terhampar indah akan menjadi sedikit pengusir lelah perjalanan anda. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pos 2 dari Pos 1.

Pos 2 - Sabana 1
Untuk mencapai sabana 1 perjalanan masik cukup berat dimana jalur yang akan kita lewati masih di dominasi oleh tanjakan. Untuk mencapai sabana 1 dari pos 2 dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Sabana 1 - Pos 3 Batu Tulis
Bila telah mencapai sabana 1 anda akan merasa lega karena lelahnya perjalanan akan terbayar oleh hamparan rumput yang sangat hijau, dan perjalanan menuju pos 3 Batu Tulis pun akan sangat menyenangkan. Batu Tulis juga merupakan area favorit para pendaki untuk mendirikan tenda

Pos 3 Batu Tulis - Sabana 2
Menuju Sabana 2 dari Batu Tulis tidak membutuhkan waktu yang lama cukup 30 menit saja anda akan sampai di sabana 2 dengan jalur yang masih di dominasi oleh rerumputan hijau yang sangat indah. dari sini juga anda dapat melihat jelas pemandangan Gunung Merapi. Sabana 2 juga menjadi salah satu tempat favorit untuk mendirikan tenda sebelum menuju Puncak.

Sabana 2 - Puncak Kenteng Songo
Dari Sabana 2 anda tinggal membutuhkan 1 jam lagi untuk menuju puncak melewati jalur yang terus menanjak. Di puncak Kenteng Songo anda dapat melihat beberapa pemandangan puncak Gunung dari kejauhan diantaranya Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet yang terlihat samar-samar dari kejauhan.


Referensi : http://infopendaki.com/jalur-selo-pendakian-merbabu/

Related : Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali Jawa Tengah

2 Responses to " Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali Jawa Tengah "

  1. Mas/mba mohon informasinya! Klo dari jakarta-yogya naik kereta abis itu naik kendaraan menuju via selo?

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan