deskripsi gambar

Pesona dan Jalur Pendakian Gunung Batu Jonggol Bogor Jawa Barat

Gunung Batu Jonggol merupakan sebuah Gunung yang berada di daerah Jonggol, kabupaten Bogor. Gunung ini bisa bilang Gunung mungil karen Gunung ini sendiri hanya memiliki ketinggan 875 mdpl atau hanya sekitar 200 m dari titik awal pendakian.

Dengan ketinggiannya yang tidak lebih dari 1.000 mdpl dan jaraknya yang tidak jauh dari ibu kota belakangan ini Gunung Batu Jonggol menjadi salah satualternatif pendakian apalagi untuk para pemula Gunung ini sangat cocok karena meiliki jalur yang tidak terlalu membutuhkan banyak waktu untuk bisa menggapai puncaknya.
jalur pendakian gunung batu jonggol

Rute
Semua Kota - Bogor (Jawa Barat) - Jonggol
  • Jika dari Jakarta kita bisa menuju ke arah Cibubur kemudian menuju Taman Mekarsari Cileungsi Setelah itu menuju Perumahan Citra Indah setelah sampai di pertigaan Jonggol Cariu kita ambil arah menuju Guunung Batu.
  • Jika dari arah Kota Bogor kita harus menuju Sentul kemudian mengikuti pinggir jalan tol ke arah utara, setelah sekitar sekitar 30 menit tepatnya di daerah Sukahati kita ambil kanan lalu lurus terus mengikuti jalan. Setelah sekitar 2 jam dari kota Bogor kita akan menemukan sebuah pertigaan dan terdapat sebuah papan penunjuk jalan, jika lurus ke Jonggol, sedangkan ke kanan ke arah gunung Batu, maka kita ambil ke arah kanan. Setelah 15 menit kita akan menemukan lagi pertigaan, dari sini kita ambil arah kiri. Setelah itu terus berjalan lurus dari sini kita sudah dapat melihat pemandangan Gunung Batu dan setelah 15 menit kita akan sampai pada titik pendakian awal Gunung batu Jonggol.
Jalur Pendakian

Lapangan Parkir - Camping Ground
Untuk mendaki Gunung Batu Jonggol kita jika kita membawa kendaraan kita bisa menitipkannya di area parkir yang telah disedikan yaitu untuk sepedah motor sekitar Rp 15.000. Parkiran ini buka selama 24 sehingga anda tidak khwatir lagi untuk keamanannya, selain itu banyak tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minman.

Jalur yang pertama akan kita lalui merupakan sebuah jalur tanah yang cukup lebar dengan jalur yang cenderung landai. setelah 30 menit kita akan sampai di area Camping Ground atau tempat untuk mendirikan tenda.

Camping Ground - Puncak Bayangan
Dari area camping ground untuk menuju puncak jalur yang akan kita lalui akan berubah derastis artinya kita akan melewati sebuah tanjakan yangsangat licin, curam dan lumayan ektrim,  di beberapa titik tertentu sudah disediakan beberapa tali untuk berpegangan
jalur pendakian gunung batu jonggol

Setelah melewati dua tanjakan terjal, kondisi jalur sudah mulai berupa tanah dan sedikit bebatuan, tetapi dengan trek yang makin menanjak dan sangat curam. Di titik-titik tertentu jalur sudah dipasang tali sebagai pegangan. Setelah melewati tanjakan terjal dan bebatuan cadas kita akan sampai di puncakbayangan

Puncak Bayangan - Pncak Gunung Batu
Untuk mendaki ke puncak Gunung Batu kita akan dihadapkan dengan jalur yang angat terjal dan hampir vertikal. Namun anda jangan khawatir banyak tersedia tali-tali webing yang digunakan untuk berpegangan dan sangat membantu para pendaki dalam melakukan pendakian.

Klik Untuk Melihat Video Pesona Gunung Batu Jonggol

Total Pendakian
Untuk mendaki Gunung Batu Jonggol di butuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam

Info
Retribusi masuk menurut kabar terakhir adalah
Rp 35.000/orang

Referensi : http://ahmadpajalibinzah.blogspot.co.id/2015/08/pendakian-gunung-batu-berikut-tips-dan.html

Related : Pesona dan Jalur Pendakian Gunung Batu Jonggol Bogor Jawa Barat

0 Response to " Pesona dan Jalur Pendakian Gunung Batu Jonggol Bogor Jawa Barat "