deskripsi gambar

Wow !!! inilah 7 Letusan Gunung Tedasyat di Dunia

Gunung merupakan sebuah dataran yang menjulang ke atas dengan memiliki puncak, lereng, serta kaki Gunung. Ketinggian suatu Gunung biasa mencapai 600 meter di atas permukaan laut. Diantara Gunung-Gunung di Dunia beberapa diantaranya telah mengalami letusan yang sangat dahsyat, akibat dari dahsyatnya suatu lestusan Gunung membuat membuatnya dikenang dalam sejarah sebagi suatu kejadian alam yang sangat mengerikan. Berikut di bawah ini adalah Letusan Gunung Terbesar di Dunia yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah.

1. Gunung Tambora (Indonesia)

Gunung Tambora merupakan sebuah Gunung dengan letusan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah manusia di Dunia. Bahkan saking dahsyatnya letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 ledakanya terdengar hingga ke Pulau Sumatera yang jaraknya kurang lebih sejauh 1.930 km. Tidak hanya itu awan dan abu vulkanik yang keluar menyebar hingga ke Srilangka dan Australia sehingga membuat perubahan iklim Dunia. Perstiwa Alam ini menelan hingga 71.000 korban jiwa, 

2. Gunung Thera (Yunani)
Gunnung Thera meletus sekitar 1610 Tahun SM dengan kekuatan 600 kali lebih kuat dibanding dengan Bom atom Hiroshia dan Nagasaki. Letusan yang sanagat dahsyat ini menyebabkan menghilangnya kebudayaan Minoam. Para ahli geologi menduga letusan Gunung ini menjadi etusan Gunung yang sangat luar biasa.

3. Gunung Changbaishan / Baitoushan (Perbatasan Cina dan Korut)
Gunung Changbaishan / Baitoushan meletus sekitar 100 Tahun SM, letusannya mengeluarkan material vulkaniknya hingga sejauh 1.200 kilometer hingga samapai ke utara Jepang. Setelah terakhir meletus pada tahun 1702 Gunung ini sekarang sudah tak aktif lagi. Namun kaledra yang tercipta bekas letusan Gunung tersebut dipebuhi dengan air dan menciptakan sebuah danau yang menjadi destinasi wisata yang sangat populer.

4. Gunung Ilopango  (El Salvador)
Menurut sejarah letusan Gunung ini lebih dahsyat dibanding letusan Gunung Krakatau yang ada di Indonesia. Namun sepanjang sejarahnya Gunung ini hanya meletus sebanyak 2 kali dengan letusan pertama terjadi sekitar abad ke 5 Masehi dan menghancurkan kota-kota Maya.

5. Pulau Ambrym (Kepulauan Vanuatu)
Ambrym merupakan nama dari sebuah pulau Gunung dikepulauan Vanuatu yang terletak di sebelah Barat Samudara Pasifik.Letusan terdahsyat pernah terjadi sekitar 50 Tahun SM dengan pringkat VEI 6+.  Gunung ini menjadi salah satu Gunung paling aktif di Dunia, karena sejak tahun tahun 1774 Gunung Ambrym telah meletus sebanyak 50 kali

6. Gunung Pinatubo  (Filipina)
Gunnug Pinatubo meletus pada tahun 1991 dengan memuntahkan material vulkanik hingga 5 km kubik ke udara dan menyebar ke seluruh Dunia hingga menyebabkan suhu global menurun 0,5 derajat selama setahun. Tak ada korban jiwa dalam letusan ini karena sebelumnya telah di prediksi sehingga ribuan jiwa terlebih dahulu diungsikan sebelum Gunung meletus.

7. Gunung Novarupta (Semenanjung Alaska)

Gunung Novarupta meletus pada Bulan Juni 1912 dan memuntahkan material setinggi 3 km ke udara sehingga menutupi area seluas 3.oo mil dengan kedalaman debu setebal 30 cm

Related : Wow !!! inilah 7 Letusan Gunung Tedasyat di Dunia

0 Response to " Wow !!! inilah 7 Letusan Gunung Tedasyat di Dunia "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan