deskripsi gambar

7 Puncak Gunung tertinggi di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan bentang alam yang sangat luar biasa dengan pesona Gunung-Gunung yang sangat indah. diantara beberpa Gunung di Jawa Barat beberapa diantaranya sudah pamiliar di kalangan para pendaki, namaun apakah kamu tahu bahwa di Jawa Barat juga terdapat seven sumit atau 7 Puncak Gunung Tertinggi.. berikut dibawah ini adalah 7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Barat.

1. Gunung Ciremai (3.078 mdpl)


Diantara 7 Gunung dengan puncak gunung tertinggi di Jawa Barat Gunung Ciremai berada di urutan pertama sebagai Gunung paling tinggi di Jawa Barat dengan ketinggian kurang lebih sskitar 3.078 mdpl. Gunung Ciremai berada di daerah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, untuk mendakinya terdapat 3 jalur pendakian resmi diantaranya Jalur Pendakian Apuy, Jalur Pendakian Linggarjati dan Jalur Pendakian Palutungan.

2. Gunung Pangrango (3.019 mdpl)
Diurutan kedua dari daftar 7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Barat ada Gunung Pangrango yang berada di daerah Cianjur Jawa barat dengan ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango merupakan salah satu Gunung yang memiliki berada satu punggungan dengan Guunung Gede namun dengan puncak yang berbeda. Untuk mendaki Gunung pangrango terdapat beberapa alternatif jalur pendakian namun alangkah baiknya jika menggunakan Jalur Cibodas agar perjalanan lebih dekat karena jika mendaki Jalur Gunung Putri dan Jalur Salbintana agak jauh karena anda harus melewati puncak Gunung Gede terelebih dahulu. 

3. Gunung Gede (2.958 mdpl)
Selanjutnya ada Gunung Gede dengan ketinggian sekitar 2.958 mdpl Gunung Gede berada di urutan ketiga dari Daftar 7 Puncak Gunung Tertinggi di Jawa Barat. Gunung Gede berada tepat di sebelah Gunung Pangrango, untuk mendakinya terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya Jalur Pendakian Cibodas cianjur, Jalur Pendakian Gunung Putri Cianjur dan Jalur Pendakian Salbintana Sukabumi.

4. Gunung Cikurai (2.821 mdpl)
Gunung Cikurai berada di urutan ke 4 dari 7 daftar Gunung Tertinggi di Jawa Barat. Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini selalu ramai dipadati oleh pendaki dari berbagai kota, tidak heran memang karena Gunung Cikurai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, bila kita berada di puncak Cikurai lautan awan selalu terhampar dihadapan anda, selain itu jika di pagi hari anda dapat melihat pemandangan sunrise yang sangat luar biasa dan di sore harinya anda dapat melihat pesona sunset yang tak kalah indah dari indahnya pesona sunrise di pagi hari.Untuk mendaki Gunung cikurai terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya jalur pendakian Pemancar cilawu, Jalur Pendakian Bayongbong dan Jalur Pendakian Cikajang.

5. Gunung Papandayan (2.665 mdpl)
Diurutan ke 5 ada Gunung Papandayan dengan ketinggian kurang lebih sekitar 2.665 mdpl. Gunung Papandayan merupakan salah satu Gunung favorit di Jawa barat karena selain memiliki panorama yang indah Gunung Papndayan juga memiliki jalur yang terbilang landai, maka dari itu Gunung Papandayan ini sangat ramai di kalanagan para pemula. Namun meskipun landai cuaca disini sangat berbahaya karena pada musim kemarau Gunung Papandayan sangatlah dingin bahkan di beberapa kesempatan suhu Gunung Papandayan bisa mencapai 0 derajat celcius.


6. Gunung Kendang 2.617 mdpl

Di urutan ke 6 ada Gunung Kendang yang memiliki keinggian 2.617 Mdpl. Untuk mendaki Gunung kendang biasanya membutuhkan waktu ± 5 jam. Gunung Kendang berada di desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, bila kita menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil menuju ke pos pendakian Gunung Kendang, dari Kota Bandung kita harus melewati jalan Mh Toha terlebih dahulu kemudian menuju ke Banjaran. Setelah sampai di Banjaran kita harus masuk ke Jalan Raya Pengalengan, mengikuti jalur menuju ke arah Santosa. Dari Santosa kita menuju ke desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari. Tak ada petunjuk jalan sepanjangperjalanan maka dari itu anda harus sering bertanya kepada warga agar tidak tersesat. Selain itu akses menuju ke desa Neglawangi sangatlah susah untuk dilewati, karena jalannya berbatu. Sebaiknya jika anda hendak mendaki Gunung Kendang harus ditemani orang yang telah berpengalaman atau pernah mendaki Gunung Kendang ini.

7. Gunung Patuha  (2.434 mdpl)
Gunung Patuha merupakan salah satu Gunung yang berada di selatan Provinsi Jawa barat. Gunung Patuha memiliki pesona kawah yang sangat indah yaitu kawa putih yang sekarang menjadi salah satu objek wisata yangsangat populer di bandung. Kawah Putih terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha dimasa lalu. 


Referensi  
http://qangtedi.blogspot.co.id/2016/03/7-tujuh-puncak-tertinggi-di-jawa-barat.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Patuha
http://cibunus.blogspot.co.id/2016/02/info-pendakia-gunung-kendang-kabupaten.html

Related : 7 Puncak Gunung tertinggi di Jawa Barat

2 Responses to " 7 Puncak Gunung tertinggi di Jawa Barat "

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan