deskripsi gambar

Sejarah Pendakian Gunung Cartensz Pyramid Papua Indonesia

Gunung Jaya Wijaya merupakan salah satu Gunung tertinggi di Indonesia dengan puncak tertinggi bernama Cartensz Pyramid memiliki ketinggian sekitar 4.884 mdpl. Selain itu Puncak Cartenz Pyramid juga masuk dalam 7 Puncak tertinggi di Dunia, sehingga tidak heran jika Gunung Cartenz selalu menjadi incaran para pendaki di seluruh Dunia.

catatan secarah pendakian gunung everest

Namun tahukah kamu sejarah awal mula pendakian Gunung Cartensz Pyramid. Berikut di bawah ini adalah beberapa catatan sejarah yang pernah tercatat dalam pendakian Gunung Cartensz Pyramid Jaya Wijaya Papua Indonesia.

1. Pada tahun 1623 Seorang berkewarganegaraan Eropa Yan Cartensz melihat sebuah pegunungan di pedalaman Irian Jaya yang sangat tinggi dan di beberapa tempatnya tertutup oleh salju.

2. Tahun 1899 pada sebuah Ekspedisi Belanda pembuat peta diIrian menemukan kebenaran laporan Yan Cartensz. Sejak saat itulah nama Yan Cartenz diabadikan sebagai nama dari puncak Puncak Gunung itu yaitu Cartenz Pyramid.
.
3. Tahun 1909 sebuah Ekspedisi dilakukan oleh  Persatuan Ahli Burung dari Inggris (BPUE) memasuki rawa sebelah selatan kawasan Cartensz. Selama 16 bulan.

4. Tahun 1912 Mantan anggota BPUE 1090, kembali ke Papua. Bersama 224 pengangkut barang, namun naas 3 orang meninggal dalam pendakian itu.

5. Tahun 1941 Ekspedisi Archbold menemukan sebuah lembah yang sangat eksotis yaitu Lembah Baliem di Kabupaten Wamena Papua.
.
6. Tahun 1958 Lapangan terbang perintis dibuka dibeberapa lokasi di Papua. Sehingga membuat semangat para pendaki Gunung tergoda untuk menjajal Puncak Cartensz salju khatulistiwa yang masih perwan.

7. Tahun 1961 Ekspedisi Selandia Baru mencoba menggapa puncakCartensz Pyramid, namungagal karena keterlambatan logistik yang dikirim lewat udara.

8. Tahun 1962 Sebuah Ekspedisi yang dipimpin Philip Temple untuk menggapai Puncak Cartensz Pyramid, dan Puncak Eidenburg berhasil digapai Heinrich Heiner.

9. Tahun 1964 Pendaki Jepang dan 3 orang ABRI berhasil mencapai Cartensz Pyramide dan dua perkumpulan pendaki Gunung lahir yaitu Mapala UI dan Wanadri.

10. Tahun 1968 Sejumlah lapangan terbang milik misionaris katolik dibuka untuk pendakian ke puncak Cartensz Pyramid, namun pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan ijin.

11. Tahun 1971 Gunung Cartensz kembali dibuka untuk pendakian dan pada tahun itu pula Mapala UI berhasil mencapai puncak Jaya.

Referensi : http://kancil-gunung.blogspot.co.id/

Related : Sejarah Pendakian Gunung Cartensz Pyramid Papua Indonesia

0 Response to " Sejarah Pendakian Gunung Cartensz Pyramid Papua Indonesia "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan