deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cikajang

Jalur pendakian gunung cikuray via cikajang memang tak sepamiliar jalur cilawu namun bagi anda yang merasa bosan atau sudah pernah melewati jalur cilawu dan bayongbong anda dapat memilih jalur cikajang sebagai alternatif pendakian.



jalur pendakian gunung cikuray via cikajang
suasn sekitar perkebunan warga
Di jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang tidak terdapat pos pendaftaran seperti di jalur Cilawu dan Bayongbong karena memang jarang sekali para pendaki yang melwati jalur ini biasanya para pendaki memilih jalur pemancar cilawu, namun menurut saya jalur gunung cikuray via cikajang ini tidak kalah indah dan menantang.

Star poin
Dari semua kota – (jawa barat) - Kab Garut (Terminal bus Guntur) – Cikajang (Alun-alun Cikajang) – Kampung olan

Jalur pendakian
1. Alun – alun cikajang – kampung Olan ( 3 jam berjalan kaki )
Untuk mendaki gunung cikuray kita mulai dari alun-alun Kecamatan Cikajang, di depan Masjid Agung Cikajang. boleh memilih jalan kaki, naik mobil pick up atau naik ojek sampai di kampung Olan. Jika berjalan kaki, di belakang alun-alun terdapat perempatan jalan desa, selanjutnya ikuti jalan yang menuju ke Cigedug. Setelah beberapa puluh meter berjalan akan menemui pertigaan. Dari pertigaan, ambil jalur ke sebelah kanan. Dari pertigaan lurus menuju kampung Olan sampai menemukan masjid terakhir. Perjalanan kaki dari alun-alun Cikajang sampai masjid kampung Olan

2. Kampung olan – cacakan 1 ( 2 jam )
Dari kampung olan kita berjalan melewati perkebunan warga agak susah untuk mencari jalur ke gunung cikuray disini tapi jangan khawatir anda bisa bertanya pada beberapa warga yang sedang berkebun setelah 2 jam berjalan anda akan sampai bada tempat yang lumayan datar tempat ini belum ada namanya namun teman saya yang berdomisili di cikajang menamakan tempat ini dengan nama cacakan 1

3. Cacakan 1 – cacakan 2 ( 1 jam )
Dari cacakan 1 kita akan berjalan dengan jalur pendakian yang terus menanjak dan setelah 1 jam berjalan lagi-lagi anda akan menemukan tanah dataran yang lumayan luas (cacakan 2) .
Cacakan 2 – puncak (1 jam)
jalur pendakian gunung cikuray via cikajang
suasana sekitar cacakan 2


4, Cacakan 2 - puncak (1jam)
Dari cacakan 2 menuju puncak gunung Cikuray sudah lumayan ddekat, dibutuhkan waktu sekitar satu jam lagi untuk mencapai puncak. Di jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang anda harus hati-hati karena sebelum dan setelah cacakan 2 terdapat jurang yang cukup dalam .  Dan sekitar 30 menit sebelum puncak, terdapat pesimpangan. Jalur kiri ke bawah menuju ke arah jalur Bayongbong, sedangkan ke arah kanan menuju puncak.
jalur pendakian gunung cikuray via cikajang
puncak cikuray 


Puncak dapat ditandai dengan sebuah bangunan tembok bekas salah satu stasiun tv nasional. Di puncak ini anda bisa menikmati pesona keindahan kota garut, gunung Guntur, papandayan dan bila beruntung cuacanya baik anda dapat melihat laut selatan garut , keunggulan gunung cikuray kita dapat melihat sunrise dan sunset. Dan kalo cuaca bagus biasanya sunrise dan sunset cukup indah di sini keindahannya sudah tidak diragukan lagi.
 
jalur pendakian gunung cikuray via cikajang
Team pendakian gunung cikuray via cikajang

Info cikuray via cikajang
Belum adanya pos pendaftaran (2013)
Jalur cukup jelas hanya saja sekitar kebun warga agak sedikit rumit
Jalur yang sepi dan menantang
Seumber air ada di sekitar perkebunan warga (air sungai kecil )


Related : Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cikajang

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Cikajang "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan