deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung sumbing via Garung Baru Wonosobo Jawa Tengah

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garungan Baru merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki. Nama Garungan diambil dari nama Desa setempat dimana jalur ini berada dalam wilayah Desa Garungan. Selain pendakian Gunung Sumbing di Dekat Desa ini juga terdapat jalur pendakian menuju Gunung Sindoro, karna memang jalur Sumbing dan Sindoro letaknya sangat berdekatan seperti fenomena Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.
Jalur pendakian Gunung Sumbing via garung wonosobo jawa tengah

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl, secara administratif Gunung Sumbing masuk kedalam 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung dan Magelang. Untuk mendaki Gunung Sumbing sebenarnya 3 tiga pilihan jalur yaitu
1. Jalur sumbing via Garung (wonosobo)
2. Jalur Sumbing via Cepit (Temanggung)
3. Jalur Sumbing via Mangli (Magelang)
Namun yang akan saya bahas kali ini adalah Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Baru

Rute

Semua Kota - Kabupaten Wonosobo (Jawa Tengah) - Desa Garung

Bila kita dari Jakarta kita bisa langsung memesan tiket Bus Jurusan Jakarta - Terminal Mendolo Wonosobo. waktu yang di perlukan dari Jakarta sampai wonosobo kurang lebih 13 jam menggunakan Bus. Dari Terminal Wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Bus 3/4 Jurusan Magelang kemudian turun di Dusun Garung dengan jarak tempuh sekitar 30 menit (kalau tidak tahu bisa bertanya pada supir bus). Setelah turun dari bus kita akan menemukan sebuah gapura dari sana perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki menuju Bascamp Garung tapi saya sarankan untuk berjalan saja karena jaraknya tidak terlalu jauh cukup 15 menit dengan berjalan kita sudah bisa sampai di Basecamp Garung.

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1 Malim (1 jam)
Dari Basecamp menuju pos 1 kita masih berjalan melewati perkebunan warga dengan jalur yang sangat nyaman dan lebar. Selain itu pemandangan yang tersajipun sangat indah dan memanjakan mata, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai pos 1 malin

Pos 1 - Pos 2 Gattakan (2 jam)
Jarak antara pos 1 dan pos 2 memang cukup panjang selain itu jalur yang akan kita lewati akan menanjak dan sudah memasuki kedalam area hutan, waktu yang diperlukan untuk menuju pos 2 dari pos 1 kurang lebih sekitar 2 jam. Bila ingin bermalam di pos ini terdapat beberapa lahan datar namun tidaka akn cukup untuk menampung banyak tenda.

Pos 2 - Pestan (30 menit)
Selanjutnya kita akan menuju pestan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh cukup 30 menit saja untuk sampai di Pestan dari pos 2. Pestan merupakan titik persimpangan antara Jalur Garung Lama dan Jalur Garung Baru.

Pestan - Watu Kotak (2 jam)
Dari pestan menuju waktu kotak perjalanan kita mulai teruji, karena kita kan melewati Jalur ekstrim yang curam serta penuh dengan bebatuan. Mental seorang pendaki dibutuhkan disini selain karena tenaga yang sudah mulai habis ketenangan menjadi faktor utama untuk menyelesaikan jalur berbatu ini agar tubuh tenaga tidak cepat terkuras dan stres.

Watu Kotak - Puncak Buntu (30menit)
Dari Watu Kotak kemudian menuju Puncak Buntu, jaraknya tidak terlalu jauh namun jalur yang dilewati sangat terjal dan curam maka dari itu berhati-hatilah saat melewati jalur ini. Di puncak Buntu Gunung Sumbing kita dapat melihat beberapa view Gunung lain seperti Gunung sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Selamet, Gunung Ungaran dan Gunung Prau.

Total pendakian

Total pendakian dari Basecamp sampai Puncak adalah 6 jam versi Sedangtidak terlalu cepat dan tidak terlalu santai

Referensi
http://infopendaki.com/jalur-pendakian-sumbing-via-garung-baru/
http://kpaaryasatya.mwb-id.com/pendakian-gunung-sumbing-via-garung-wono.xhtml
ikalkeriting.blogspot.com

Related : Jalur Pendakian Gunung sumbing via Garung Baru Wonosobo Jawa Tengah

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung sumbing via Garung Baru Wonosobo Jawa Tengah "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan