deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Gunung Lawu merupakan salah satu Gunung berapi yang sedang beristirahat dan sudah lama tidak aktif. Dengan ketingian 3.265 mdpl Gunung Lawu memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah selain itu hadirnya Lautan awan Gunung Lawu membuat pesona pagi di Puncak Gunung Lawu sangat indah dan mempesona. Tidak hanya itu Gunung Lawu juga memiliki nilai religi tersendiri karena tempat di bawah puncak Gunung Lawu terdapat sebuah petilasan dan tempat berjiarah bernama Hargo Dalem.
Jalur pendakian Gunung Lawu via cemoro sewu

Untuk mendaki Gunug Lawu ada 3 alternatif Pendakian, pertama melalu candi Cetho Karanganyar, Cemoro Kandang Karanganyar dan Cemoro Sewu Kabupaten Magetan. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Rute 

Semua Kota - Solo (Jawa Tengah) - Tawangmangu (Jawa Tengah) - Cemoro Sewu

Untuk menuju Basecamp Cemoro sewu bila Anda dari Jakarta, Anda dapa menggunakan Bus atau kereta api menuju Solo, dari solo perjalanan dilanjutkan menuju Tawangmangu dengan menggunakan bus, selanjutnya dari Tawangmangu anda dapat menggunakan kendaraaan kecil menuju wisata Cemoro Sewu.

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1 (30 menit)
Jalur awal pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu berupa bebatuan yang sudah terusun rapi dengan jalur yang masih landai dan tidak terlalu menguras tenaga, sepanjang jalur pendakian menuju Pos 1 juga kita masih dapat menjumpai warung-warung kecil.

Jika beruntung biasanya dari sini para pendaki akan ditemani burung Jalak berwarna hitam yang akan menemani anda selama pendakian
BACA JUGA : Kisah Nyata Bertemu Burung Penunjuk Jalan di Gunung Lawu
Pos 1 - Pos 2 (1 jam)
Menuju Pos 2 jalan mulai menanjak dan cukup menguras tenaga dengan jalur yang masih di dominasi bebatuan yang disusun rapi.

Pos 2 - Pos 3 (1,5 jam)
Menuju Pos 3 kondisi jalur masih sama seperti seperti layaknya Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu dari Pos 1 menuju Pos 2 dengan jalur yang masih berupa bebatuan. Pos 3 ditandai dengan adanya sebuah bangunan tembok untuk beristiraha, namun kondisinya sudah sangat memprihatinkan karena atapnya sudah lapuk dan bolong.

Pos 3 - Pos 4 (1,5 jam)
Sebelum menuju pos 5 kita terlebih dahulu harus menuju Pos 4 namun di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu ini pos 4 hanya ditandai dengan sebuah papan bertulisan pos 4 berbeda dengan pos sebelumnya yang sudah berupa bangunan tembok. 

Pos 4 - Pos 5 (30 menit)
Diantara Pos 4 dan Pos 5 terdapat sumber air yang dikenal sangat keramat, namanya sumber mata air Sandang Derajat. Uniknya meskipun air ini banyak diambil oleh para pendaki dan para peziarah air ini tidak pernah surut berkurang maupun bertambah. Tidak jauh dari sandang Derajat kita akan sampai pada sebuah warung tertinggi di Indonesia yaitu warung Mbok Yem yang berada persis di bawah Puncak Gunung Lawu.

Pos 5 - Puncak (20 menit)
Menuju Puncak Gunung Lawu jalur yang dilewati lumayan terjal namun akan dapat anda lalui dengan mudah, Selain tu untuk menuju puncak Gunung Lawu dari Pos 5 kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Pesona Puncak Gunung Lawu sangat indah sunrise yang hadir di pagi hari selalu menanwarkan pesona yang sangat luar biasa yang membuat kita akan semakin mensyukuri nikmat Tuhan yang telah hadir di Bumi ini.

Total Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu adalah 5 jam 20 menit

Referensi : http://manusialembah.blogspot.co.id/2015/02/perjalanan-puncak-lawu-3265-mdpl.html

Related : Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan