deskripsi gambar

5 Manfaat Pohon Pinus yang Jarang Kita Ketahui

Pohon Pinus merupakan pohon yang paling umum tumbuh dibeberapa Gunung dan hutan di Indonesia bahkan Dunia. Tahukah kamu bahwa sebenarnya pohon ini memiliki beberapa manfaat yang jarang kita ketahui, baik sebagai obat maupun sebagai sumber makanan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu mengenai manfaat pohon pinus.

1. Untuk Membuat Api
Yang pertaama tentunya untuk membuat api, selain untuk kehangatan api di Hutan juga berfungsi sebagai penjaga untuk menjauhkan dari binatang buas ketika malam. Dan kayu dari pohon pinus ini sangat mudah sekali terbakarmeskipun dalam keadaan bahas karena zat resin yang terdapat dalam getah pohon pinus sangat mudah sekali terbakar. Maka dari itu pohon pinus bisa jadi alternatif pertama sebagai bahan untuk membuat perapian.

2. Pengusir Serangga
Zat resin yang terdapat dalam getah pohon pinus ternyata sangat cocok sebagai obat pengusir nyamuk.Selain itu daun jarum pinus juga dapat membantu mengusir serangga sehingga daun jarum pinus ini sangat cocok sebagai penutup atap sebuah bipak atau tempat tidur sedrhana.

3. Membuat Lem
Getah pohon pinus juga dapat dijadikan lem darurat, cara menggunakannya yaitu dengan dipanaskan terlebih dahulu namun jangan terlalu panas. Tambahka bahan penguat lainnya seperti srbuk kayu supaya lem menempel lebih kuat.

4. Untuk Pengobatan
Ada beberapa manfaat dari bagianpohon pinus yang bisa dijadikan sebagai obat
  • Daun pohon pinus dapat dijadikan teh karena mengandung vitamin A dan C yang cukup banyak sehingga bisa mengurangi penyakit flu
  • Getah pinus dapat mengobati penyakit magh caranya dengan mengunyahnya seperti permen karet maupun dicampur dengan air.. Selain itu getah pohon pinus juga dapat dijadikan sebagai obat penutup luka.
  • Kulit pohon pinus dapat dijadikan sebagai obat anti septik caranya dengan membalut luka dengan bubuk kulit pinus lalu ikat dan tutup dengan peran.
5. Sebagai Sumber Makanan
Kulit poho pinus pada bagian dalam dapat dijadikan sumber makanan, cara dengan digoreng, direbus maupun dipanggang. Rasa yang paling enak berada pada bagian terjauh dari kulit bagian luar. cara mengambilnya dengan memotong 1/10 lingkaran pohon agar pohon tidak mati.

Pohon pinus merupakan pohon yang sangat bermanfaat karena hampir semua bagiannya memiliki manfaat untuk kita gunuakan baik sebagai obat dan makanan. Maka dari itu jaalah pohon ini agar tetap hidup dan tidak punah.

Referensi :
http://survivalalam.blogspot.co.id/2016/04/5-cara-memanfaatkan-pohon-pinus-untuk.html 

Related : 5 Manfaat Pohon Pinus yang Jarang Kita Ketahui

0 Response to " 5 Manfaat Pohon Pinus yang Jarang Kita Ketahui "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan