deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Welirang via Tretes Jawa Timur

Jalur pendakian Gunung Welirang via Tretes merupakan jalur umum yang banyak dilalui para pendaki karena pemandangannya yang sangat indah. selain itu di jalur ini juga terdapat sebuah air terjun yang diberi nama Air terjun Kakek Bodo. Gunung Wlirang sendiri merupakan sebuah Gunung dengan ketinggian 3.156 mdpl yang terletak diantara 2 kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto. Untuk mendaki Gunung Wlering terdapat beberapa jalur antara lain :
jalur pendakian gunung welirang via tretes jawa timur
1. Jalur Lawang
2. Jalur Batu
3. Jalur Purwosari
4. Jalur Tretes

Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Jalur Pendakian Gunung Welirang via Tretes

Rute

Semua Kota - Malang - Terminal Pandaan - Base camp

Dari Surabaya anda dapat menggunakan Bus menuju Malang kemudian sebelum ke kota malang anda turun di Treminal Pandaan (bisa tanya sopir bus) dari Terminal Pandaan tersedia banyak angkutan menuju Tretes. Dari Tretes anda berjalan menuju air terjun Kakek Bodo, setelah sampai di depan gerbang air terjun anda terus berjalan lurus sampai Pasar Tretes setelah itu anda akan menemukan sebuah perempatan namun anda masih harus berjalan lurus sampai menemukan sebuah Hotel yang bernama Tanjung. Tepat di depan Hotel tersebutlah Bascamp pendakian Teretas berada.

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1 (Pet Bocor)
Jalur awal yang kita lalui merupakan sebuah tanjakan, hingga pada akhirnya di tengah perjalanan kita akan bertemu sebuah pertigaan, ambil jalur kanan bila kamu ingin menuju pos 1 karena ke kiri merupakan jalan menuju air terjun Kakek Bodo. Di Pos 1 masih terdapat warung kecil untuk beristirahat sejenak sebelummelanjutkan perjalanan.

Pos 1 - Pos 2 (Kop-Kopan)
Menuju pos 2 kita akan melewati jalur yang sudah ditembok dengan semen sebelum pada akhirnya kita melewati jalan yang berbatu dan tidak teratur sampai menuju pos 2, dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 3 jam. Di pos 2 juga terdapat sumber mata air untuk mengisi perbekalan air kita.

Pos 2 - Pos 3
Menuju pos 3 kita akan merasakan dahsyatnya sebuah tanjakan yang namanya sudah sangat pemiliar dikalangan para pendaki Gunung yang sudah mendaki Gunung Welirang, namanya tanjakan asu (anjing). Diberi nama tersebut karena sesuai dengan medannya yang terjal dan sangat menyiksa bagi siapapun yang hendak melewatinya.

Pos 3 - Lapangan
Menuju lapangan sebelum puncak Gunung Welirang jalan yang kita lalui masih berupa jalan berbatu yang cukup terjal, sebelum pada akhirnya setelah 2 jam kita akan sampai pada sebuah lapangan yang cukup luas diantara Gunung Kembar 1 dan Gunung Kembar 2.

Lapangan - Puncak
Menuju Puncak kita akan berjalan di pinggiran jurang hati-hati melewati jalur ini karena sangat berbahaya. Selain itu sebelum puncak terdapat 2 jalur yang pertama menuju kawah dan yang ke 2 menuju Puncak Gunung Welirang. Puncak Gunung Welirang sangat sempit dari sini kita bisa melihat Gunung - Gunung dari kejauhan seperti Gunung Penanggungan, Gunung Semeru dan Gunung Arjuna yang nampak jelas karena berdekatan.


Referensi ;
http://www.naturalsunrisetour.com/jalur-pendakian-gunung-arjuno-dan-gunung-welirang
http://www.wisesatravel.com/2015/12/rute-pendakian-gunung-arjuno-welirang.html
http://manusialembah.blogspot.co.id/2015/02/pendakian-welirang-3156-mdpl.html
http://www.masedytour.com/jalur-pendakian-gunung-arjuno-welirang-lewat-tretes

Related : Jalur Pendakian Gunung Welirang via Tretes Jawa Timur

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Welirang via Tretes Jawa Timur "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan