deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Arjuna via Lawang Malang Jawa Timur

Gunung Arjuna merupakan Gunung dengan ketinggan 3.339 mdpl. Gunung yang berdampingan dengan saudaranya Gunung Welirang ini sejak dahulu dikenal sebagai tempat pemujaan, selain itu di sekitar lereng Gunung Arjuna terdapat beberapa arca maupun candi peninggalan kerajaan Majapahit. Untuk mendaki Gunung arjuna terdapa beberapa jalur pendakian diantaranya :
jalur pendakian gunung arjuna via lawang
1. Jalur Tretes
2. Jalur Lawang
3. Jalur Purwosari
4. Jalur Batu

Namun yang akan kita bahasa pada kesempatan kali ini adalah jalur pendakian Gunung Lawang yang merupakan jalur pendakian melewati sisi sebelah timur. Terletak di Desa Wonorejo yang merupakan daerah perkebunan teh yang sangat indah.

Rute

Semua Kota - Malang (Jawa Timur) - Pasar Lawang - Desa Wonosari

Jika kita dari arah Surabaya (Terminal Arjosari) dapat menggunakan kendaraan Bus menuju Malang, sebelum memasuki Kota Malang kita berhenti di Daerah Pasar Lawang. Jika menggunakan kereta api kita bisa turun di setasiu Lawang. Dari Pasar Lawang berbelok ke arah kanan menuju Desa Wonorejo sampai ke Basecamp pendakian (Jika pada siang hari terdapat angkutan pedesaan menuju Basecamp).

Jalur Pendakian

Basecamp - Pos 1 (Alang-alang) (1 jam)
Jalur pertama yang akan kita lalui merupakan area perkebunan teh yang sangat asri, dengan jalur menanjak ringan. 

Pos 1 - Pos 2 Lincing (1,5 jam)
Selanjutnya menuju pos 2 memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jalur berupa tanah lumut yang akan terasa sangat licin bila pada musim hujan. Sepanjang jalur kita akan menemukan pepohonan buah-buahan seperti pohon rambutan dan pohon alpukat.

Pos 2 - Pos 3 (3 jam)
Dari pos 2 menuju pos 3 membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 3 jam, kita akan melewati savana yang sangat luas dengan jalur pendakian yang sangat menanjak tanpa bonus. Bila malam hari kita dapat melihat pemandangan lampu-lampu jalan kota antara Surabaya dan Malang.

Pos 3 - Pos 4 (3 jam)
Sepanjang jalur menuju pos 4 kita akan melewati jalur berlumut dan berbatu dengan terus menanjak dan tanpa bonus.

Pos 4 - Puncak (2 jam)
Menuju Puncak kita akan melewati Hutan pinus yang sangat rapat yang diberi nama dengan Cemoro Sewu, Semakin atas kita akan melewati padang yang sangat luas namun menanjak, sebelum akhirnya kita akan sampai di Puncak Gunung Arjuna.

Total pendakian dari Basecamp - Puncak Arjuna 10,5 jam


Referensi
http://www.pejalanwanita.com/2014/01/gunung-arjuno-via-lawang_6.html
http://infopendaki.com/pendakian-gunung-arjuno-jalur-lawang/

Related : Jalur Pendakian Gunung Arjuna via Lawang Malang Jawa Timur

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Arjuna via Lawang Malang Jawa Timur "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan