deskripsi gambar

Sejarah Gunung Papandayan Garut

asal-usul gunung papandayan
Setiap tempat di suatu daerah di Indonesia selalu memiliki nilai history yang sangat menarik. Penamaan suatu tempat terkadang membuat kita penasaran apa sebenarnya yang menjadi latar belakang penamaan tempat tersebut, seperti salah satunya sejarah penamaan Gunung Papandayan. Jika anda bertanya pada masyarakat sekitar mungkin hanya sebagian orang yang akan tahu apa yang menjai sejarah latar belakang penamaan Gunung Papandayan.

Menurut mitos asal usul nama Papandayan berawal dari sekelompok masyarakat yang mendengar suara gaib ketika melewati Gunung Papandayan. Suaraya sang terdengar seperti bunyi besi yang di pukul seperti layaknya tukang besi yang sedang membuat berkakas seperti pisau, golok, kapak dan lain-lain.

Setelah diselidiki ternyata suara itu berasal dari kawah Papandayan, dan karena hal itulah maka masyarakat sekitar memberi nama Gunung tersebut Papandayan yang berasal dari kata "Panday" atau tempat pembuatan besi.

Entah benar atau tidak tapi menurut namun seperti itulah sejarah penamaan Gunung Papandayan yang saya saya baca dari sumber lain. Gunung Papandayan sendiri sekarang telah menjadi Gunung Favorit di kabupaten Garut yang mana setiap pekannya selalu di banjiri ratusan pendaki dari berbagai kota. Namu semenjak pengelolaannya di alihkan ke pihak swasta banyak para pendaki yang mengeluhkan mahalnya tiket masuk menuju untuk mendaki Gunung Papandayan. 

Referensi
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=9090200337636721738#editor/target=post;postID=8843716598096176995;onPublishedMenu=overview;onClosedMenu=overview;postNum=1;src=link

Related : Sejarah Gunung Papandayan Garut

0 Response to " Sejarah Gunung Papandayan Garut "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan