deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangangan Purbalingga Jawa Tengah

Jalur selamet via Bambangan merupakan jalur umum yang paling banyak dipilih para pendaki karena jalur Bambangan merupakan jalur terpendek untuk mencapai puncak Gunung Slamet. Gunung Slamet adalah Gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3.428 mdpl, Gunung yang terletak di 5 kabupaten ini terkenal angker dikalangan para pendaki maupun masyarakat, namun hal tersebut tidak pernah menyurutkan para pendaki yang ingin mencoba merasakan keindahan Gunung Slamet, sehingga tidak heran jika Gunung ini tidak pernah sepi dari aktifitas pendakian apalagi di Hari libur.
jalur pendakian gunung slamet via bambangan purbalingga jawa tengah

Selain melewati Jalur Bambangan terdapat beberapa jalur lain untuk mendaki Gunung Slamet dianatarnya adalah
1. Jalur Guci Kabupaten Tegal
2. Jalur Dukuhliwung Kabupaten Tegal
3. Jalur Baturaden Purwokerto
4. Jalur Kaliwadas Kabupaten Brebes
5. Jalur Kaligua Bumi Ayu

Namun yang akan saya bahas kali ini adalah jalur pendakian Gunung Slamet Via Bamabangan Kabupaten Purbalingga

Rute 

Semua Kota - Purbalingga (Jawa Tengah) - Kabupaten Purbalingga - Bambangan
  • Bila kita dari Jakarta Bisa menggunakan Bus dengan tujuan Jakarta - Bobotsari (purbalingga) kemudian turun di daerah Serayu. Dari Serayu dilanjutkan menggunakan kendaraan bak terbuka (pick up) menuju Basecamp Bambangan.
  • Bila kitadari arah Jogja atau Surabaya kita harus transit terelebih dahulu di Terminal Bulu Pitu Purwokerto. Setelah itu perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan bus jurusan Bobot Sari kemudian turun di Serayu. dari Serayu dilajutkan dengan menggunakan kendaraan bak terbuka.
Jalur Pendakian

Basecamp - Pos I Pondok Gembirung 
Perjalanan dari Basecamp menuju Pos I dimulai dengan jalan setapak melewati perkebunan penduduk, di jalur ini terdapat beberapa percabangan patokan untuk mencapai pos I adalah sebuah lapangan yang luas atau bila kita mendaki pada pagi hari kita bisa bertanya pada warga yang sedang berkebun. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai pos 1

Pos I - Pos II Wondok Malang
Menuju pos 2 perjalanan akan terasa sedikit lebih berat dengan jalur yang sudah mulai menanjak dan memasuki area hutan dengan vegetasi yang cukup rapat.

Pos II - Pos III Pondok Cemara
Selanjutnya menuju pos 3 Pondok Cemara dengan jalur yang sama seperti sebelumnya. perjalanan menuju pos 3 akan terasa sangat menyejukan karena di sepanjang jalur di dominisi oleh pohon-pohon besar dan lebat dibutuhkan

Pos III - Pos IV Semaranthu 
Dari pos 3 menuju pos 4 perjalanan masih di dominasi hutan lebat. menurut mitos di pos 4 ini merupakan pos yang terkenal angker karena nama semaranthu sendiri itu berartai Hutan Hantu Yang Tak Terlihat. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai Pos 4 dari pos 3.

Pos IV - Pos V - Pos VI 
karena jaraknya yang relatif berdekatan dari pos 5 dan dan Pos 6 ini relatif mempunya karakteristi yang sama, di pos 6 biasanya dijadikan tempat para pendaki untuk bermalam. Jika musim hujan di pos 6 ini terdapat sumber mata air, di sini juga terdapat beberapa tanah datar untuk mendirikan tenda.

Pos VI - Pos VII
Menuju pos 7 samyang rangkah perjalanan sudah mulai agak terbuka pertanda kita akan keluar dari batas vegetasi hutan. pos 7 merupakan area yang sempit sebelum mencapai pos 7 kita akan melewati sebuah tanjankan yang cukup sempit.

Pos VII - Pelawangan (Samyang Jamplang)
menuju pelawangan Samyang Jamplang jalur terus menanjak dan cukup terbuka. samyang jamplang merupakan tempat paforit untuk camp bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak selamet. Terdapat shalter yang cukup nyaman sehinga para pendaki merasa betah untuk bermalam disini.

Pelawangan - Puncak
menuju puncak perjalanan akan semakin di uji jalur yang dilalui akan semakin terjal dan menantang. jalur yang dilalui berupa basir dan bebatuan yang rawan longsor jika dipijak. Puncak selamet biasa di sebut juga dengan puncak suruno dengan ketinggian 3.428 mdpl, disini para pendaki dapat melihat kaldera yang sangat luas yang disebut dengan segoro wedi selain itu jika cuaca baik para pendaki juga dapat menikmati lautan awan yang sangat indah. pemandangan Gunung-Gunung seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau dan Gunung Ciremai terlihat cukup jelas disini.


Referensi
http://infopendaki.com/jalur-pendakian-g-slamet-via-bambangan/
http://manusialembah.blogspot.co.id/2015/10/pendakian-gunung-slamet-3428-mdpl-via.html
http://www.catatanhariankeong.com/2013/03/jalur-pendakian-gunung-slamet.html
http://agilyanuar.com/akses-transportasi-menuju-basecamp-bambangan-gunung-slamet/

Related : Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangangan Purbalingga Jawa Tengah

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangangan Purbalingga Jawa Tengah "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan