deskripsi gambar

Pendaki Gunung ini Ciptakan Powerbank Dari Panas Api

Di era global saat ini kebutuhan manusia terhadap listrik semakin meningkat bahkan bisa dibilang manusia saat ini sangat ketergantungan terhadap energi listrik. Kegunaan listrik sangat beragam selain untuk menghidupkan peralatan rumah tangga listrik juga dapat digunakan sebagai sumber utama pengisian batrai ponsel. Yang menjadi masalah ponsel di era saat ini bukan saja hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi  lebih dari itu, ponsel saat ini sangat multifungsional selain alat berkomunikasi ponsel jiuga selalu dilengkapi dengan camera, music, maupun jaringan internet sehingga tidak heran jika penggunaan batreai akan lebih boros dari ponsel biasa.


Ponsel memang sudah seakan menjadi suatu alat yang wajib dimiliki oleh semua individu di negeri kita Indonesia ini, maka tidak heran jika kemanapun pergi ponsel adalah salah satu alat yang wajib dibawa, termasuk menjelajah hutan atau mendaki Gunung. Biasanya ponsel yang dibawa para pendaki Gunung dimanfaatkan untuk mengabadikan gambar dan mendengarkan musik , sehingga tidak heran jika konsumsi baterai akan cepai habis.

Untuk mengisi kembali baterai handphone yang habis tentunya membutuhkan energy listrik, namun mencari sumber listrik didalam hutan rasanya adalah hal tidak mungkin, maka dari itu sekarang telah tercipta suatu alat yang dapat menyimpan cadangan listrik sehingga ketika kita membutuhkanya energy listrik yang tersimpan itu bisa dialirkan kembali alat tersebut diberi nama powerbank. Namun bagaimana jika seandainya powerbank itu habis dayanya tetunya kita harus mencari sumber listrik untuk mengisinya kembali, dan saya tegaskan lagi bahwa di hutan sangat tidak mungkin untuk mencari sumber listrik.

Melihat kondisi seperti diatas seorang mahasiswa Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta yang bernaman Mohammad Roziqin yang juga kebetulan seorang pendaki gunung, mencoba menciptakan powerbank yang dapat mengubah energy panas dari dari menjadi energy listrik. Penemuan tersebutpun sudah di coba oleh Angga Aditya saat mendaki Gunung Merbabu pada bulan April 2016. Ternyata alat tersebut berfungsi seperti yang diharapkan dan dapat digunakan untuk mengisi baterai handphone.

Maka dari itu beliau terus mencoba menyempurnakan alat tersebut supaya lebih baik lagi. Untuk kedepannya beliau berencana untuk memepersentasikannya ke TNI AD untuk berebagai kebutuhan saat beroperasi didalam Hutan.

Referensi :
http://www.tribunnews.com/video/2016/05/04/pendaki-gunung-kreatif-bikin-powerbank-yang-dapat-menyimpan-energi-listrik-dari-api-unggun?page=2
gambar :  belitung.tribunnews.com

Related : Pendaki Gunung ini Ciptakan Powerbank Dari Panas Api

0 Response to " Pendaki Gunung ini Ciptakan Powerbank Dari Panas Api "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan