deskripsi gambar

Ternyata Ini Dia 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Seperti yang kita ketahui Pulau Jawa merupakan Pulau dengan populasi paling banyak di Indonesia bahkan Dunia, Selain itu dibalik padatnya manusia yang tinggal Pulau Jawa ternyata Pula Jawa juga dinobatkan sebagai Pulau dengan tanah yang paling subur di Dunia. Tidak heran memang hal in juga didukung dengan banyaknya Gunung di Pulau Jawa Baik Gunung Berapi maupun Gunung Non Berapi.

Setiap Gunung di Pulau Jawa tentunya memiliki ketinggian yang berbeda, diantara beberapa Gunung di Pulau Jawa berikut adalah 7 Gunung yang dikategorikan sebagai 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa (Seven Summits Pulau Jawa)

1 Gunung Semeru 3.676 mdpl (Jawa Tmur)

7 gunung tertinggi di pulau jawa
Masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Gunung Semeru merupakan Gunung Berapi tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 mdpl. Gunung Semeru merupakan salah satu Gunung yang menjadi Favorit para pendaki di Indonesia bahkan Mancanegara, Gunung yang dikenal dengan puncaknya yakni Puncak Mahameru, semejak tahun 2013 mengalami jumlah kunjungan pendaki yang meningkat drastis. Entah apa yang yang menjadi faktor pendorong para pendaki mendaki Gunung Semeru . Semenjak Gunung ini diangkat dalam sebuah film layar lebar, pengunjung Gunung Semeru meningkat sangat drastis. 

2. Gunung Slamet 3.428 mdpl (Jawa Tengah)
GUNUNG Slamet indah mempesona
Di urutan Kedua ada Gunung Selamet dengan ketinggian 3.428 mdpl. Gunung Selamet masuk kedalam 5 Kabupaten di Jawa Tengah yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga, pemalang, Tegal dan Brebes. Dengan predikat sebagai Gunung tertinggi ke dua di Pulau Jawa tidak heran jika Gunung ini juga sangat ramai dengan kunjungan para pendaki. Ada beberapa Jalur Pendakian jika kita ingin mendaki Gunung Selamet diantaranya 
3. Gunung Sumbing 3.371 mdpl (Jawa Tengah)
gunung sumbing yang menawan hati
Di urutan ketiga ada Gunung Sumbing, Gunung yang bertetangga dengan Gunung Sindoro ini juga disebut sebagai Gunung kembar layaknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Namun para pendaki selalu menggolongkan Gunung ini dalam Ekspedisi 3S (Triple S), yakni Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Istilah-istilah ekspedisi seperti ini belakangan seamakin terkenal dikalangan para pendaki seperti ekspedisi 2 M (Merapi, Merbabu), ekspedisi GEPANG (Gede, Pangrango dan ekpedisi PaGUCI (papandayan, Guntur, Cikuray) 

4. Gunung Raung 3.342 mdpl (Jawa Timur)
7 gunung tertinggi di pulau jawa
Selanjutnya di urutan ke 4 ada Gunung Raung Gunung yang masuk dalam Gunung dengan pendakian tersulit di Indonesia ini masuk dalam 3 Kabupaten yakni Kabupaten Banyuwang, Jember dan Bondowoso. Untuk mendaki Gunug Raung dibtuhkan tekad yang kuat dan persiapkan yang matang karena di beberapa titik pendakian apalagi menuju puncak kita harus menggunakan tali sebagai bantu pendakian kita maka dari itu Gunung ini sangat tidak dianjurkan untuk pemula.

5. Gunung Arjuno 3.339 mdpl (Jawa Timur)
7 gunung tertinggi di pulau jawa
Gunung Arjuno Berada Provinsi Jawa Timur dan masuk dalam 4 wilayah kabupaten berbeda diantaranya Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Arjuno selalu identik dengan tetangganya yaitu Gunung Walirang karena Puncak Gunung ini berada pada satu Punggungan. Fenomena ini mirip seperti Gunung di Jawa Barat yaitu Gunung Gede dan Gunung pangrango.

6. Gunung Lawu 3.625 mdpl (Jawa Timur)
gunung lawu jaw timur
Gunung Lawu dikategorikan sebagai salah satu Gunung Terangker di Indonesia. Bagaimana tidak dari beberapa sumber dan keterangan dari para pendaki pernah mengalami kejadian mistis di Gunung Lawu ini termasuk saya sendiri yang waktu itu saat mendaki ditemani seekor burung hitam yang mengikuti setiap jengkal pendakian sampai saya di puncak. Yang membuat saya Heran Burung ini juga ikut beristiraha ketika saya dan rombongan beristirahat dan terbang kembali saat kami mulai berjalan. Apakah ini kebetulan? silahkan kalian nilai sendiri.

7. Gunung Welirang 3. 156 mdpl (Jawa Timur)
gunung welirang jawa timur
Diurutan ketujuh ada Gunung Welirang dengan ketinggian 3.156 mdpl, seperti yang saya sudah bahas di atas Gunung Welirang merupakan tetangga dari Gunung Arjuno sehingga Gunung ini memiliki karakteristik yang hampir sama namun dengan ketinggian yang berbeda.

Related : Ternyata Ini Dia 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

0 Response to " Ternyata Ini Dia 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan