deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Kejajar Dieng Wonosobo

Gunung Pakuwaja merupakan salah satu Gunung di kawasan objek wisata Dieng dengan ketinggian sekitar 2.413 mdpl dan berada di sebelah selatan Bukit Sikunir Dieng. Nama Gunung Pakuwaja memang belum sepamiliar Gunung Prau dan Bukit sikunir. namun Gunung Pakuwaja memilik keunikan tersendiri salahsatunya yaitu pemandangan sebuah batu batu besar runcing menjulang berbentuk serupa Menhir yang menurut mitos yang beredar di sekitar masyarakat dieng merupakan pasaknya pulau Jawa sehingga pulau Jawa tetap tertancap kokoh.

jalur pendakian Gunung Pakuwaja dieng wonosobo jawa tengah

Rute

Semua Kota - Wonosobo - Dieng

Untuk mendaki Gunung Pakuwaja terdapat beberapa jalur diantaranya melalui Desa Sembungan yang merupakan jalur resmi menuju Bukit Sikunir, Desa Prikesit dan Desa Kejajar. Namun yang akan saya bahas kali ini adalah jalur pendakian Gunung Pakuwaja melalui Desa kejajar. Dan yang saya akan bahas kali ini adalah Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Desa Kejajar.

Jalur Pendakian

Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Kejajar merupakan jalur yang masih jarang dikunjungi para pendaki namun di jalur ini sudah terdapat petunjuk jalan dan beberapa pos. Jalur yang akan dilewati memang relatif mudah hanya saja ketika mendekati puncak jalur akan semakin terjal dan sedkit agak sulit. 

Jalur awal yang akan kita lewati merupakan jalur tembok beton kemudian berganti bebatuan setelah kebun warga. sementara ketika memasuki kawasan hutan jalur akan benar-benar tanah.  Pada pos 2 terdapat sebuah pertigaan, berhati-hatilah jika disini karena jika anda berjalan lurus anda akan sampai dibukit sikunir Desa Sembungan sedangkan jika berbeloka anda akan menuju puncak Gunung Pakuwaja.

Selain itu di Gunung pakuwaja juga terdapat sebuah Savana karena padang Savana juga merupakan salah satu daya tarik Gunung ini.
Untuk mencapai bukit savana dari puncak Gunung anda hanya perlu berjalan sebentar saja menuju Batu Besar kemudian menuruni bukit dan anda akan sampai di sebuah padang sava yang sangat indah. Padang savana Gunung Pakuwaja dikelilingi oleh bukit yang diperkirakan dulunya merupakan sebuah kaledra.

Referensi :
http://aminbellet.blogspot.co.id/2015/05/pakuwaja-wonosobo-jawa-tengah.html
http://panduanwisatadieng.com/wisata/gunung-pakuwaja/batu-menyerupai-menhir-di-pakuwaja/

Related : Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Kejajar Dieng Wonosobo

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Pakuwaja via Kejajar Dieng Wonosobo "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan