deskripsi gambar

Makanan Praktis dan Bergizi yang Wajib di Bawa Saat Mendaki Gunung

Ketika mendaki Gunung banyak dari kita yang mengabaikan faktor nutrisi dari makanan yang kita bawa, fenomena pendakian saat ini telah menjadi gaya hidup bagi sebagian kalangan namun sayangnya maraknya para pendaki Gunung saat ini tidak imbangi dengan pengetahuan dasar mengenai materi Gunung. Contoh kecil adalah mengenai makanan. Makanan yang biasa para pendaki bawa adalah makan praktis dan siap saji seperti mie instan tentunya sangat tidak baik tubuh selain mie instan susan dicerna oleh tubuh mengkonsumsi mie instan juga dapat menyebabkan tubuh cepat dehidrasi akibat dari mie yang mengembang di dalam perut sehingga banyak menyerap cairan.
mkn prktis yang wajib dibawa saat mendaki gunung

Selain mie instan tentu banyak sekali makanan-makanan yang sebenarnya tidak layak untuk dibawa mendaki Gunung maka dari itu disini penulis ingin menulis beberapa makanan praktis yang cocok dibawa mendaki Gunung dan tentunya mengandung cukup kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

1. Oatmeal Sebagai Karbohidrat Pengganti Mie Instan.
Oatmeal merupakan salah-satu pengganti terbaik dari mie instan selain penyajiannya cukup cepat dan mudah oatmeal memiliki kandungan nutrisi yang baik lebih baik dari mie instan. Namun karena rasa oatmeal yang cenderung tawar alangkah baiknya dalam penyajiannya ditambahkan dengan susu agar selera makan anda dapat tetap terjaga


2. Kentang Goreng Sebagai karohidrat Mampu Menggantikan Fungsi Dari Nasi.
Selain oatmeal kentang goreng juga merupakan sumber karbohidrat yang cukup baik jika anda malas membawa beras untuk memasak nasi, membawa kentang juga sangat dianjurkan, seperti yang saya alami memasak nasi juga dapat memakan waktu yang relatif lama dan agak ribet dalam penyajiannya walaupun sebenarnya nasi merupakan makanan pokok kita namun menggantinya dengan memakan kentang ketika mendaki Gunung juga bukan merupakan suatu ide yang buruk. Dalam memasak kentang kita tidak harus membutuhkan waktu yang lama. untuk mengolahnya kita bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan direbus maupun di goreng.

3. Madu.
Mengkonsumsi madu juga sangat dianjurkan ketika mendaki Gunung karena madu mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik baik tubuh, selain itu madu juga merupakan sumber kalori yang cepat dicerna oleh tubuh. Madu juga dapat mengobati bibir pecah-pecah saat kita mendaki Gunung caranya adalah dengan dioleskan merata ke bibir yang kering ataupun pecah-pecah.

4. Gula Merah.
Jika tidak ada madu gula merah juga sangat baik untuk tubuh sebagai penambah kalori, namun untuk gula merah alangkah baiknya membawa gula merah asli yang terbuat dari kawung. karena selain memiliki rasa yang enak nutrisinya lebih baik dari gula-gula merah yang sudah mendapatkan campuran bahan lain.


5. Minum Jahe Lebih Dianjurkan Dari Bir.

Untuk menambah kehangatan ketika malam hari dari pada anda meminum bir alangkah baiknya anda menggantinya dengan minuman jahe. karena selain membuatnya praktis meminum jahe juga dapat menyegarkan tubuh dalam mengolahnya anda dapat mencampurnya dengan teh maupun susu. Jangan sekali-kali anda mengkonsumsi bir selain membuat perut anda panas dan kembung mengkonsumsi bir yang berlebih juga dapat menghilangkan kesadaran anda.

6. Cereal Bar.
Cereal bar juga sangat baik bagi tubuh karena dalam satu bungkus cereal bar terkandung 170 kalori, sehingga cereal dapat menmberikan tenaga tambahan saat kamu lelah mendaki


7. Oralit.

Jangan remehkan oralit karna oralit merupakan obat yang banyak ditemukan di apotek selain itu oralit juga mengandung ion-ion  yang diperlukan tubuh, kamu dapat mencampurnya dengan air minum yang kamu bawa. Keringat yang terkuras selama pendakian dapat tergantikan oleh nutrisi yang terdapat dalam obst oralit.

Related : Makanan Praktis dan Bergizi yang Wajib di Bawa Saat Mendaki Gunung

0 Response to " Makanan Praktis dan Bergizi yang Wajib di Bawa Saat Mendaki Gunung "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan