deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Salabintana

Gunung Gede Pangrango sebenarnya memiliki 3 jalur pendakian pertama kita bisa mendaki melewati Jalur Gunung Putri, kedua bisa melewati Jalur Cibodas dan yang ketiga atau sebagai jalur alternatif kita bisa melewati jalur Salabintana Sukabumi.
jalur pendakian gunung gede pangrango via salabintana
Gunung Gede Pangrang dari kejauhan [photo by bosimanurung.net]

Nah dalam artikel saya kali ini saya akan sedikit membahas mengenai jalur pendakian gunung Gede Pangrango Via Salabintana. Dari Pos Pemeriksaan kita berjalan menyusuri tepi sungai yang aliran airnya jernih dan sangat dingin memasuki kawasan hutan lebat yang banyak dihuni satwa liar. Lintasan berupa jalan berbatu yang ditata rapi menyusuri punggungan gunung. Monyet-monyet bergelantungan di atas pohon, aneka burung berkicauan di atas dahan.

Pos Pemeriksaan – Pos Citingar 
Dari pos pemeriksaan terus berjalan menyusuri tepaian sungai jalanya berupa bebatuan yang di susun rapi menyusuri punggungan gunungan. Setelah berjalan kurang lebih 1 jam kita akan menemui menara pengamatan burung. Terus berjalan sampai kita sampai di pos Citingar. Semakin keatas jalan akan semakin licin bila di musih hujan.

Pos Citingar – Pos Cigeber
Dari citingar menuju pos cigeber jalan masih di dominasi oleh jalur dengan tanah gembur bekas dedaunan yang jatuh kemudian membusuk setelah kurang lebih 1 jam kita akan menemui Pos Cigeber.

Pos Cigeber – Pos Cileutik
Menuju Pos Cileutik kita akan berjalan melewati pinggiran jurang untuk jalur ini sebaiknya lebih berhati-hati karena salah melangkah bisa-bisa akan membuat tubuh kita terpeleset ke dalam jurang, setelah satu jam berjalan kita akan menemui Pos Cileutik.

Dari pos Cileutik selanjutnya jalur akan sedikit menurun dan disana terdapat aliran sungai kecil di bawah pos bila bila ingin bermalam di sini tempat ini cukup luas dan bisa menampung sekitar 3 tenda. Bila ingin terus berjaln kita harus menyebrang sungai terus berjalan memasuki hutan yang lebat jalurnya sedikit menanjak dengan tanah yang agak lembek setelah 2 jam kita akan menemukan tempat yang dikelilingi beberapa pohon yang bentuknya aneh 

Dari pos yang memilik banyak pohon aneh jika terus berjalan kita melewati medan yang sangat terjal bahkan di beberapa jalur kita harus berpegangan pada akar akar pohon. Dan bila kita sudah menemukan jalur yang di tumbuhi rerumputan yang tinggi berarti kita sudah mendekati pos pertigaan yang mana jika kita ke kanan akan menuju punjak gunung gumuruh dan bila kita ke kiri kita akan menuju alun-alun surya kencana. Untuk sampai ketempat ini di butuhkan waktu sekitar 3 jam dari pos yang memiliki pohon aneh.

Dari pertigaan hanya di butuhkan waktu sekitar 15 menit menuju alun-alun surya kencana. Dan Bila kita ingin ke pusat alun-alun surya kencana kita tinggal berjalan ke kanan di sini kita dapat beristirahat dan bermalam untuk mengembalikan tenaga yang terkuras selama pendakian.

Dari alun-alun surya kencana untuk meuju puncak Gede sudah sangat dekat di butukan waktu sekitar 30 menit dengan jalur yang menanjak dan berbatu.


INFO GUNUNG GEDE PANGRANGO

Telp/fax : +62 263 512776

Tel/Fax: +62-263-519415 [booking]

Email: info@gedepangrango.org [office] | booking@gedepangrango.org [booking]

Facebook : http://www.facebook.com/bbtngedepangrango



Website: http://gedepangrango.org


Related : Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Salabintana

0 Response to " Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Salabintana "

Post a Comment

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan